FILM - Treasure Planet (2002)

Film Treasure Planet merupakan film animasi ke-43 garapan Disney yang meski disambut positif, mengalami kegagalan di box office.


FILM - Treasure Planet (2002)
imdb.com
Film Treasure Planet (2002). 

Film Treasure Planet merupakan film animasi ke-43 garapan Disney yang meski disambut positif, mengalami kegagalan di box office.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Treasure Planet adalah film animasi petualangan tahun 2002 asal Amerika Serikat yang diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation dan dirilis oleh Walt Disney Pictures pada 27 November 2002.

Film Treasure Planet adalah film fitur animasi ke-43 yang diproduksi Disney.

Film Treasure Planet adalah adaptasi fiksi ilmiah dari novel petualangan Robert Louis Stevenson Treasure Island dan merupakan film pertama yang dirilis secara bersamaan di bioskop reguler dan IMAX.

Film Treasure Planet ditulis bersama, diproduksi bersama dan disutradarai oleh Ron Clements dan John Musker, yang telah meluncurkan konsep untuk film tersebut pada saat meluncurkan The Little Mermaid (1989).

Pengisi suara di film Treasure Planet yakni Joseph Gordon-Levitt, Brian Murray, David Hyde Pierce, Martin Short, Roscoe Lee Browne, Emma Thompson, Laurie Metcalf, dan Patrick McGoohan.

Meskipun mendapat sambutan positif dan masuk nominasi untuk Best Animated Feature di Academy Award 2002, film Treasure Planet gagal di box office.

Dengan budget pembuatan 140 juta dollar Amerika Serikat, Treasure Planet hanya memperoleh tak lebih dari 110 juta dollar Amerika Serikat.

Baca: FILM - Hes Just Not That Into You (2009)

Baca: FILM - Ong-Bak: The Thai Warrior (2003)

film tereaseure
Film Treasure Planet (2002).

  • Plot atau Sinopsis


Di planet Montressor, seorang Jim Hawkins muda terpesona oleh kisah-kisah tentang bajak laut legendaris Kapten Nathaniel Flint dan kemampuannya untuk muncul entah dari mana, menyerang kapal-kapal yang lewat, dan menghilang untuk menyembunyikan barang jarahan di "Treasure Planet" yang misterius.

Dua belas tahun kemudian, setelah ditinggalkan oleh ayahnya ketika dia masih muda, Jim telah tumbuh menjadi pengacau yang suka menyendiri dan terisolasi.

Dia dengan enggan membantu ibunya, Sarah, menjalankan Benbow Inn milik keluarga, dan mendapatkan hiburan dari "penjelajahan matahari Alponia", bermain ski di atas papan layar bertenaga roket.

Suatu hari, sebuah pesawat ruang angkasa jatuh di dekat penginapan.

Pilot yang sekarat, Billy Bones, memberi Jim sebuah bola dan memintanya untuk "waspadai cyborg".

Setelah ini, sekelompok perompak menyerbu dan membakar penginapan.

Jim, ibunya, dan teman mereka yang seperti anjing, Dr. Delbert Doppler melarikan diri.

Pada penelitian Doppler, Jim menemukan bahwa bola adalah proyektor holografik yang berisi peta bintang yang mengarah ke lokasi Treasure Planet.

Doppler menugaskan kapal yang disebut RLS Legacy, dalam misi untuk menemukan Treasure Planet.

Kapal ini diperintahkan oleh Kapten Amelia kucing bersama dengan pasangan pertamanya yang berkulit dan disiplin, Mr. Arrow.

Para kru adalah sekelompok beraneka ragam, diam-diam dipimpin oleh koki setengah-robot John Silver, yang Jim curigai adalah cyborg yang diperingatkannya.

Baca: FILM - Brother Bear 2 (2006)

Baca: FILM - Brother Bear (2003)

film tresur
Film Treasure Planet (2002).

Jim dikirim untuk bekerja di dapur, di mana ia diawasi oleh Silver dan hewan peliharaannya yang berubah bentuk, Morph.

Meskipun Jim tidak mempercayai Silver, mereka segera membentuk hubungan ayah-anak yang lemah.

Selama perjalanan, kapal bertemu supernova. Jim, sementara mengamankan garis hidup semua anggota kru, menyelamatkan Silver dari jatuh tepat pada waktunya.

Supernova kemudian berpindah ke lubang hitam dan Mr. Arrow segera tersedot ke dalamnya.

Semburan gelombang kejut dan tenaga mesin maksimum memungkinkan Amelia untuk mengemudikan kapal ke tempat yang aman.

Amelia berduka atas hilangnya Arrow, dan mencurigai Jim gagal mengamankan jalur hidupnya, sementara pada kenyataannya garis Arrow terputus oleh seorang anggota kru serangga yang kejam bernama Scroop.

Ketika kapal mencapai Treasure Planet, Jim sengaja mendengar kru dan segera menemukan mereka memang bajak laut yang dipimpin oleh Silver, dan pemberontakan meletus.

Jim, Doppler, Amelia dan Morph meninggalkan kapal, tetapi Morph telah meninggalkan peta.

Mengira Jim memiliki peta, Silver menargetkan untuk membunuh Jim, tetapi ragu-ragu, memungkinkan mereka untuk melarikan diri. Para buron ditembak jatuh selama pelarian mereka, melukai Amelia.

Saat menjelajahi hutan Treasure Planet, para buronan bertemu B.E.N., robot yang ditinggalkan, yang benar-benar kehilangan ingatan utama dan mengundang mereka ke tempatnya untuk berlindung.

Para perompak memojokkan kelompok di sana; menggunakan pintu belakang, Jim, B.E.N. dan Morph kembali ke kapal dalam upaya untuk memulihkan peta.

Scroop menyerang mereka tetapi terhanyut ke angkasa. Mereka memperoleh peta, tetapi setelah kembali mereka ditangkap oleh Silver, yang sudah menangkap Doppler dan Amelia.

Silver memaksa Jim untuk menggunakan peta, mengarahkan mereka ke portal yang terbuka di setiap lokasi di alam semesta, yang disadari Jim adalah bagaimana Flint melakukan penggerebekannya.

Mereka membuka portal ke pusat Treasure Planet, menemukan bahwa planet itu benar-benar sebuah stasiun ruang angkasa yang dibangun ribuan tahun lalu yang Flint perintahkan untuk menyimpan harta karunnya.

Ketika para perompak bersiap untuk mengumpulkan hasil curian, Jim menemukan sisa-sisa kerangka Flint, memegang komponen yang hilang ke komputer kognitif B.E.N.

Dia memasukkannya kembali, dan B.E.N. segera ingat bahwa Flint telah mencurangi planet ini untuk meledak setelah penemuan harta karun itu.

Planet ini mulai berantakan.

Tidak ingin pergi dengan tangan kosong, Silver mencoba melarikan diri di atas kapal yang penuh dengan harta, tetapi akhirnya membiarkannya menyelamatkan Jim.

Para penyintas melarikan diri ke kapal, tetapi kapal itu rusak dan tidak dapat meninggalkan planet ini tepat waktu.

Jim memasang papan layar bertenaga roket sementara, dan mengendarai di depan kapal menuju portal.

Pada saat terakhir, Jim mengatur portal ke Montressor Spaceport, dan baik ia maupun kru dengan aman menghapus kehancuran.

Jim menemukan Silver telah menyelinap di bawah geladak untuk melarikan diri.

Dia membiarkan dia pergi, dan Silver memintanya untuk menjaga Morph, serta memberinya beberapa bagian dari harta yang berhasil dia selamatkan sebelum planet meledak untuk membangun kembali Benbow Inn, percaya Jim akan "mengacak-acak bintang-bintang".

Amelia menawarkan Jim rekomendasi ke Interstellar Academy sebelum dia kembali ke pelabuhan antariksa untuk bersatu kembali dengan ibunya.

Beberapa waktu kemudian, sebuah pesta diadakan di penginapan yang dibangun kembali; Doppler dan Amelia telah menikah dan memiliki anak sendiri, dan Jim telah menjadi kadet militer.

Jim melihat ke langit dan melihat gambar Perak di awan.

  • Trailer


Trailer film Treasure Planet (2002) :

  • Poster film Treasure Planet (2002)
    Poster Treasure Planet (2002). (imdb.com)


  • Pengisi suara
    • Joseph Gordon-Levitt sebagai Jim Hawkins
    • Austin Jurusan sebagai Young Jim Hawkins
    • Brian Murray sebagai John Silver
    • David Hyde Pierce sebagai Dr. Delbert Doppler
    • Emma Thompson sebagai Kapten Amelia
    • Martin Short as B.E.N.
    • Roscoe Lee Browne sebagai Mr. Arrow
    • Laurie Metcalf sebagai Sarah Hawkins
    • Dane Davis sebagai Morph
    • Michael Wincott sebagai Scroop
    • Patrick McGoohan sebagai Billy Bones
    • Tony Jay sebagai Narator


  • Detail Produksi


Judul : Treasure Planet

Genre : Animasi petualangan

Rilis : 27 November 2002

Negara : Amerika Serikat

Bahasa : Inggris

Sutradara : Ron Clements, John Musker

Penulis cerita: Ron Clements, John Musker, Roy Conli

Produser : Ron Clements, John Musker, Roy Conli

Pengisi suara : Joseph Gordon-Levitt, Brian Murray, Emma Thompson, David Hyde Pierce, Martin Short, Michael Wincott, Laurie Metcalf, Roscoe Lee Browne

Musik : James Newton Howard

Editor : Michael Kelly

Perusahaan produksi/Distributor : Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation/Buena Vista Pictures

Durasi : 95 menit

Biaya: 140 juta dollar Amerika Serikat

Pendapatan : 110 juta dollar Amerika Serikat (1)

  • Pencapaian dan Kritik


Film Treasure Planet mendapat ulasan positif, namun dari segi komersial tidak sejalan dengan hal ini karena hanya memperoleh 110 juta dollar Amerika Serikat padahal menelan biaya 140 juta dollar Amerika Serikat untuk produksi film.

Situs Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 69% kritikus telah memberikan ulasan positif berdasarkan 149 ulasan, dengan peringkat rata-rata 6,51/10.

Kesimpulan dari Rotten Tomatoes untuk film Treasure Planet menyatakan, "Meskipun penokohannya lebih lemah dari biasanya, Treasure Planet menawarkan visi luar angkasa yang dibuat dengan cepat dan indah." (2)

Metacritic memberikan film Treasure Planet dengan skor rata-rata tertimbang 60 dari 100 berdasarkan 30 ulasan yang menunjukkan indikasi lumayan baik. (3)

Stephen Hunter dari The Washington Post, memberikan rating 4 bintang dari 5, menyatakan bahwa film Treasure Planet, "Salah satu yang membanggakan dari Disney: film Treasure Planet menyatukan berbagai generasi untuk menontonnya". (4)

Leah Rozen dari People menyatakan bahwa film ini "memiliki imajinasi, humor yang banyak dan bergerak dengan cepat", dan bahwa "animasinya, menggabungkan teknik tradisional dan digitalisasi yang menyenangkan." (5)

Film Treasure Planet masuk nominasi Best Animated Feature di Academy Award 2002.

Sebelumnya, aka nada sekuel dari film Treasure Planet. Namun ditunda karena kegagalan di box office.

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Judul Treasure Planet
Genre Animasi petualangan
Rilis 27 November 2002
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Sutradara Ron Clements, John Musker
Penulis cerita/produser Ron Clements, John Musker, Roy Conli
Pengisi suara Joseph Gordon-Levitt, Brian Murray, Emma Thompson, David Hyde Pierce, Martin Short, Michael Wincott, Laurie Metcalf, Roscoe Lee Browne
Perusahaan produksi/distributor Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation/Buena Vista Pictures
Durasi 95 menit
Biaya 140 juta dollar Amerika Serikat
Pendapatan 110 juta dollar Amerika Serikat


Sumber :


1. boxofficemojo.com
2. www.rottentomatoes.com
3. www.metacritic.com
4. www.washingtonpost.com
5. en.wikipedia.org


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri




ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved