PT Amarta Karya (Persero)

PT Amarta Karya (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi.


zoom-inlihat foto
pt-amarta-karya-perseroe.jpg
amka.co.id
PT Amarta Karya (Persero)

PT Amarta Karya (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - PT Amarta Karya (Persero) atau PT AMKA (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi.

PT Amarta Karya (Persero)ini merupakan hasil nasionalisasi dari NV Constructie Werk Plaatsen De Vri'es Robbe Lindeteves yang bergerak di bidang pabrikasi konstruksi baja.

PT Amarta Karya (Persero) membagi layanannya dalam dua kategori, yaitu jasa konstruksi dan fabrikasi.

PT Amarta Karya (Persero) beralamat di Jl. Veteran No.112 Margajaya, Bekasi - 17141.

  • Sejarah


Keberadaan PT AMARTA KARYA seperti saat ini tidak terlepas dari sejarah berdirinya yang cukup panjang.

Menjelang tahun 1960 NV Lindeteves Stokvis dan Fa. De Vri’es Robbe keduanya berkedudukan di Semarang, melakukan penggabungan / merger menjadi NV Constructie Werk Plaatsen De Vri’es Robbe Lindeteves, disingkat “Robbe Linde & Co” yang bergerak dalam bidang usaha Fabrikasi Konstruksi Baja.

Pada tahun 1962 Perusahaan ini dinasionalisasi menjadi Perusahaan Negara dengan nama PT AMARTA KARYA dengan bidang usaha yang sama. Pada tahun 1972, status PN AMARTA KARYA diubah menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) PT AMARTA KARYA, yang berkedudukan di Jakarta.

Sejak itu perusahaan meluangkan bidang usahanya ke dalam konstruksi bidang sipil, elektrikal dan mekanikal, disamping konstruksi baja yang sejak awal sudah merupakan core business-nya.

Sedangkan dalam usaha meningkatkan pelayanan untuk memenuhi kepuasan Pelanggan secara berkesinambungan, telah dilakukan upaya-upaya peningkatan pemahaman dan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, yang merupakan peningkatan dari ISO 9001:2004 yang sertifikatnya telah diperoleh sejak tahun 1996.

Saat ini Perusahaan juga telah menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2004 dan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja OHSAS 18001:2007.

Dengan Visi dan Misi yang dirumuskan kembali dan bidang usaha yang dikelompokkan menjadi Jasa Konstruksi Spesialis dan Industri Penunjang Konstruksi, sesuai dengan core competence Perusahaan, diharapkan peningkatan kinerja akan dapat dicapai, sehingga sebagai BUMN akan dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan Negara dan meningkatkan kesejahteraan Karyawan.

Kantor pusat PT Amarta Karya (Persero) di Jl. Veteran No.112 Margajaya, Bekasi - 17141.
Kantor pusat PT Amarta Karya (Persero) di Jl. Veteran No.112 Margajaya, Bekasi - 17141. (steelmatech.com)

  • Visi, Misi dan Nilai


Visi PT AMKA (Persero) :

“Menjadi Perusahaan Manufaktur, Konstruksi dan Investasi Terkemuka yang Berkelanjutan di Indonesia”

Misi PT AMKA (Persero):

  • Meningkatkan Kompetensi Manufaktur dan Konstruksi untuk pengembangan Inovasi Produk dan Jasa dalam rangka memberikan nilai tambah bagi Pemangku Kepentingan serta memenuhi Kepuasan Pelanggan.
  • Menyediakan Jasa Manufaktur, Konstruksi dan melakukan investasi berdasarkan Tata Kelola Perusahaan yang baik, QHSSE dan Manajemen Risiko dengan sarana Teknologi Informasi.
  • Mewujudkan Generasi dengan Kinerja Unggul dan Profesional yang berkelanjutan melalui Knowledge Management System.
  • Melakukan Sinergi Bisnis, Diversifikasi dan Ekspansi untuk menciptakan Nilai Tambah serta Pengembangan Bisnis dan Investasi secara Berkelanjutan.

Nilai PT AMKA (Persero) :

  • Agility : Lincah / gesit dan peka dalam menjawab tantangan atas perubahan yang cepat.
  • Magnificient : Performa kinerja unggul , peningkatan mutu berkelanjutan , sinergi selaras dengan seluruh stakeholders.
  • Kompeten (Competent) : Disiplin , bekerja cerdas, proaktif, memberikan keuntungan (profitable), fokus pada kepuasan pelanggan.
  • Avant-garde : Original , Inovatif dan kreatif

  • Tata Kelola Perusahaan


PT AMKA (Persero) secara konsisten menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik / Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap aktivitas usahanya dengan selalu menerapkan transparansi, akuntabilitas, kemandirian dan keadilan, serta didukung dengan tata nilai dan budaya perusahaan.

Penerapan prinsip-prinsip GCG yang merupakan landasan bagi proses bisnis PT AMKA (Persero) dalam jangka panjang berpengaruh positif terhadap kinerja Perusahaan.

Transparansi, akuntabilitas, kemandirian dan keadilan sebagai syarat dalam mencegah penyalahgunaan wewenang mutlak dilakukan untuk menjamin pencapaian tujuan-tujuan Perusahaan secara efektif dan efisien sesuai dengan ekspektasi Pemilik Modal.

Penerapan prinsip-prinsip GCG PT AMKA (Persero) secara gradual mengalami peningkatan dan penyempurnaan sejalan dengan dinamika penugasan pemerintah di bidang Konstruksi dan Manufaktur, sehingga penungasan BUMN sebagai satuan bisnis dan agen pembangunan dapat terwujud melalui visi dan misi Perusahaan yang telah ditetapkan.

Penerapan prinsip-prinsip GCG telah diwujudkan oleh Perusahaan diantaranya dengan dibentuknya fungsi pembinaan GCG di bawah Biro Audit Internal yang menangani dan memantau kegiatan penerapan GCG di PT AMKA (Persero).

Perusahaan telah menerbitkan dokumen-dokumen pendukung dalam penerapan GCG seperti Pedoman Good Corporate Governance (GCG) dan Pedoman Perilaku (Code of Conduct).

Selain itu, Perusahaan juga telah menyusun Board Manual sebagai pedoman tata kerja, hubungan serta komunikasi antara Direksi dan Dewan Komisaris.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran serta wawasan setiap Insan PT AMKA (Persero) tentang penerapan prinsip-prinsip GCG, perusahaan senantiasa melakukan kegiatan sosialisasi pelaksanaan GCG di lingkungan internal Perusahaan pada berbagai kesempatan rapat-rapat internal secara berkesinambungan jika perlu melibatkan bantuan dan pendampingan tenaga ahli di bidang GCG dari eksternal.

Penerapan GCG di Perusahaan bertujuan untuk :

  • Mengontrol dan memobilisasi hubungan di antara pemegang saham, dewan komisaris, dewan direksi, karyawan, pelanggan, mitra bisnis, masyarakat, serta lingkungan.
  • Mendorong dan mendukung pengembangan perusahaan secara sehat dan transparan.
  • Mengelola sumber daya manusia secara tepat guna.
  • Mengelola risiko dengan bijak.
  • Meningkatkan akuntabilitas kepada para pemangku kepentingan / stakeholder.
  • Mencegah terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan perusahaan dan conflict interest.
  • Meningkatkan budaya kerja perusahaan yang menghasilkan produktifitas
  • Meningkatkan citra perusahaan menjadi lebih baik.

  • Struktur Organisasi


Dewan Komisaris PT AMKA (Persero) :

Komisaris Utama 

Indradjaja Manopol

Komisaris 

Ruspen Saragih

Dewan Direksi PT AMKA (Persero) :

Direktur Utama

Catur Prabowo

Direktur Keuangan

Trisna Sutisna

Direktur Operasional

Royaldi Rosman

Struktur organisasi PT AMKA (Persero) :

strtyjujk
Struktur organisasi PT Amarta Karya (Persero).

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Nama PT Amarta Karya (Persero)
Alamat (pusat) Jl. Veteran No.112 Margajaya, Bekasi - 17141
Jenis BUMN/Persero
Bidang/industri Konstruksi
Kontak (+62) 21 - 8842315
Situs amka.co.id
Direktur utama Catur Prabowo


Sumber :


1. amka.co.id


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved