Kota Depok

Kota Depok merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta dan Bogor


Kota Depok
Tribunnewswiki.com
Kota Depok 

Kota Depok merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta dan Bogor




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kota Depok merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta dan Bogor.

Dahulu, Depok adalah kota kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor, yang kemudian mendapat status kota administratif pada tahun 1982.

Sejak 20 April 1999, Depok ditetapkan menjadi kotamadya yang terpisah dari Kabupaten Bogor.

Kota Depok terdiri atas 11 kecamatan dan 63 kelurahan.

  • Sejarah


Depok bermula dari sebuah Kecamatan yang berada di lingkungan Kewedanaan (Pembantu Bupati) wilayah Parung Kabupaten Bogor.

Kemudian pada tahun 1976 perumahan mulai dibangun baik oleh Perum Perumnas maupun pengembang yang kemudian diikuti dengan dibangunnya kampus Universitas Indonesia (UI), serta meningkatnya perdagangan dan Jasa yang semakin pesat sehingga diperlukan kecepatan pelayanan.

Pada tahun 1981 Pemerintah membentuk Kota Administratif Depok berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1981 yang peresmiannya pada tanggal 18 Maret 1982 oleh Menteri dalam Negeri (H. Amir Machmud) yang terdiri dari 3 (tiga) Kecamatan dan 17 (tujuh belas) Desa, yaitu :

  • Kecamatan Pancoran Mas, terdiri dari 6 (enam) Desa, yaitu Desa Depok, Desa Depok Jaya, Desa Pancoram Mas, Desa Mampang, Desa Rangkapan Jaya, Desa Rangkapan Jaya Baru.
  • Kecamatan Beji, terdiri dari 5 (lima) Desa, yaitu : Desa Beji, Desa Kemiri Muka, Desa Pondok Cina, Desa Tanah Baru, Desa Kukusan.
  • Kecamatan Sukmajaya, terdiri dari 6 (enam) Desa, yaitu : Desa Mekarjaya, Desa Sukma Jaya, Desa Sukamaju, Desa Cisalak, Desa Kalibaru, Desa Kalimulya.

Selama kurun waktu 17 tahun Kota Administratif Depok berkembang pesat baik dibidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan. Khususnya bidang Pemerintahan semua Desa berganti menjadi Kelurahan dan adanya pemekaran Kelurahan.

Sehingga pada akhirnya Depok terdiri dari 3 (Kecamatan) dan 23 (dua puluh tiga) Kelurahan, yaitu :

  • Kecamatan Pancoran Mas, terdiri dari 6 (enam) Kelurahan, yaitu : Kelurahan Depok, Kelurahan Depok Jaya, Kelurahan Pancoran Mas, Kelurahjn Rangkapan Jaya, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru.
  • Kecamatan Beji terdiri dari (enam) Kelurahan, yaitu :  Kelurahan Beji, Kelurahan Beji Timur, Kelurah Pondok Cina, Kelurahan Kemirimuka, Kelurahan Kukusan, Kelurahan Tanah Baru.
  • Kecamatan Sukmajaya, terdiri dari 11 (sebelas) Kelurahan, yaitu : Kelurahan Sukmajaya, Kelurahan Suka Maju,. Kelurahan Mekarjaya, Kelurahan Abadi Jaya, Kelurahan Baktijaya, Kelurahan Cisalak, Kelurahan Kalibaru, Kelurahan Kalimulya, Kelurahan Kali Jaya, Kelurahan Cilodong, Kelurahan Jati Mulya, Kelurahan Tirta Jaya.

Dari tahun 1982 – 1999, penyelenggaraan pemerintah Kota Administratif Depok mengalami pergantian Kepemimpinan sebagai berikut : 

  • Drs. Moch Rukasah Suradimadja (Alm) (1982 – 1984)
  • Drs. H.M.I Tamdjid (1984 – 1988)
  • Drs. Abdul Wachyan (1988 – 1991)
  • Drs. Moch. Masduki (1991 – 1992)
  • Drs. H.Sofyan Safari Hamim (1992 – 1996)
  • Drs. H. Yuyun WS (1996 – 1997)
  • H. Badrul Kamal (1997 – 1999)


Dengan semakin pesatnya perkembangan dan tuntutan aspirasi masyarakat yang semakin mendesak agar Kota Administratif Depok diangkat menjadi Kotamadya dengan harapan pelayanan menjadi maksimum.

Di sisi lain Pemerintah Kabupaten Bogor bersama – sama Pemerintah Propinsi Jawa Barat memperhatikan perkembangan tesebut, dan mengusulkannya kepada Pemerintah Pusat dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Berdasarkan Undang – undang No. 15 tahun 1999, tentang pembentukan Kotamadya Daerah Tk. II Depok yang ditetapkan pada tanggal 20 April 1999, dan diresmikan tanggal 27 April 1999 berbarengan dengan Pelantikan Pejabat Walikotamadya Kepala Daerah Tk. II Depok yang dipercayakan kepada Drs. H. Badrul Kamal yang pada waktu itu menjabat sebagai Walikota Kota Administratif Depok.

Momentum peresmian Kotamadya Daerah Tk. II Depok dan pelantikan pejabat Walikotamadya Kepala Daerah Tk. II Depok dapat dijadikan suatu landasan yang bersejarah dan tepat untuk dijadikan hari jadi Kota Depok.

Berdasarkan Undang – undang nomor 15 tahun 1999 Wilayah Kota Depok meliputi wilayah Administratif Kota Depok, terdiri dari 3 (tiga) Kecamatan sebagaimana tersebut diatas ditambah dengan sebagian wilayah Kabupaten  Daerah Tingkat II Bogor, yaitu :

  • Kecamatan Cimanggis, yang terdiri dari 1 (satu) Kelurahan dan 12 (dua belas) Desa , yaitu : Kelurahan Cilangkap, Desa Pasir Gunung Selatan, Desa Tugu, Desa Mekarsari, Desa Cisalak Pasar, Desa Curug, Desa Hajarmukti, Desa Sukatani, Desa Sukamaju Baru, Desa Cijajar, Desa Cimpaeun, Desa Leuwinanggung.
  • Kecamatan Sawangan, yang terdiri dari 14 (empat belas) Desa, yaitu : Desa Sawangan, Desa Sawangan Baru, Desa Cinangka, Desa Kedaung, Desa Serua, Desa Pondok Petir, Desa Curug, Desa Bojong Sari, Desa Bojong Sari Baru, Desa Duren Seribu, Desa Duren Mekar, Desa Pengasinan Desa Bedahan, Desa Pasir Putih.
  • Kecamatan Limo yang terdiri dari 8 (delapan) Desa, yaitu : Desa Limo, Desa Meruyung, Desa Cinere, Desa Gandul, Desa Pangkalan Jati, Desa Pangkalan Jati Baru, Desa Krukut, Desa Grogol.
  • Dan ditambah 5 (lima) Desa dari Kecamatan Bojong Gede, yaitu : Desa Cipayung, Desa Cipayung Jaya, Desa Ratu Jaya, Desa Pondok Terong, Desa Pondok Jaya.

Kota Depok selain merupakan Pusat Pemerintahan yang berbatasan langsung dengan Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta juga merupakan wilayah penyangga Ibu Kota Negara yang diarahkan untuk kota pemukiman, Kota Pendidikan, Pusat pelayanan perdagangan dan jasa, Kota pariwisata dan sebagai kota resapan air.


Visi Kota Depok 

“Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius“

Misi Kota Depok

  • Meningkatkan kualitas Pelayanan Publik yang Profesional dan Transparan.
  • Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Religius, Kreatif dan Berdaya Saing.
  • Mengembangkan Ekonomi yang Mandiri, Kokoh dan Berkeadilan berbasis Ekonomi Kreatif.
  • Membangun Infrastruktur dan Ruang Publik yang Merata, Berwawasan Lingkungan dan Ramah Keluarga.
  • Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam melaksanakan Nilai-nilai Agama dan menjaga Kerukunan antar Umat Beragama serta meningkatkan Kesadaran Hidup Berbangsa dan Bernegara.

  • Geografi


Secara geografis Kota Depok terletak pada koordinat 6o 19’ 00” – 6o 28’ 00” Lintang Selatan dan 106o 43’ 00” – 106o  55’ 30” Bujur Timur.

Secara geografis, Kota Depok berbatasan langsung dengan Kota Jakarta atau berada dalam lingkungan wilayah Jabotabek.

Bentang alam Kota Depok dari Selatan ke Utara merupakan daerah dataran rendah  – perbukitan bergelombang lemah, dengan elevasi antara 50 – 140 meter diatas permukaan laut dan kemiringan lerengnya kurang dari 15%. Kota Depok sebagai wilayah termuda di Jawa Barat, mempunyai luas wilayah sekitar 200,29 km2.

Kondisi geografisnya dialiri oleh sungai-sungai besar yaitu Sungai Ciliwung dan Cisadane serta 13 sub Satuan Wilayah Aliran Sungai.

Di samping itu terdapat pula 25 situ.

Data luas situ pada tahun 2005 sebesar 169,68 Ha, dengan  kualitas air rata-rata  buruk akibat tercemar.

Kondisi topografi berupa dataran rendah bergelombang dengan kemiringan lereng yang landai menyebabkan masalah banjir di beberapa wilayah, terutama kawasan cekungan antara beberapa sungai yang mengalir dari selatan menuju utara: Kali Angke, Sungai Ciliwung, Sungai Pesanggrahan dan Kali Cikeas.

Sumber Daya Lahan Kota Depok mengalami tekanan sejalan dengan perkembangan kota yang sedemikian pesat.

Sebagaimana diketahui berdasarkan data analisis Revisi RTRW Kota Depok (2000-2010) dalam pemanfaatan ruang kota, kawasan pemukiman pada tahun 2005 mencapai 8.915.09 ha (44,31%) dari total pemanfaatan ruang Kota Depok.

Sumber Daya Air yang ada terdiri dari dua sumber yaitu sungai dan situ.

Secara umum sungai-sungai di Kota Depok termasuk kedalam dua Satuan Wilayah Sungai besar, yaitu sungai Ciliwung dan Cisadane.

Selanjutnya sungai-sungai tersebut dibagi menjadi 13 Satuan Wilayah Aliran Sungai, yaitu sungai Ciliwung, Kali Baru, Pesanggrahan, Angke, Sugutamu, Cipinang, Cijantung, Sunter, Krukut, Saluran Cabang Barat, Saluran Cabang Tengah dan sungai Caringin.

  • Demografi


Sebagai Kota yang berbatasan langsung dengan Ibukota Negara, Kota Depok menghadapi berbagai permasalahan perkotaan, termasuk masalah kependudukan.

Sebagai daerah penyangga Kota Jakarta, Kota Depok mendapatkan tekanan migrasi penduduk yang cukup tinggi sebagai akibat dari meningkatnya jumlah kawasan permukiman, pendidikan, perdagangan dan jasa.

Jumlah penduduk di Kota Depok semester II tahun 2016 yang telah dikonsolidasikan dan dibersihkan oleh Kementerian Dalam Negeri mencapai 1.803.708 jiwa, terdiri atas laki-laki 913.359 jiwa (50,63%) dan perempuan 890.349 jiwa (49,36%),

Kecamatan Sukmajaya merupakan kecamatan yang paling banyak penduduknya dibanding dengan kecamatan lainnya di Kota Depok, yaitu 245.142 jiwa.

Sedangkan kecamatan dengan penduduk terkecil adalah Kecamatan Limo yaitu 86.147 jiwa.

Di tahun 2016 kepadatan penduduk Kota Depok mencapai 10.255 jiwa/km2.

Kecamatan Sukmajaya merupakan kecamatan terpadat di Kota Depok dengan tingkat kepadatan 15.063 jiwa/km2, kemudian Kecamatan Pancoran Mas dengan tingkat kepadatan 13.522 jiwa/km2.

Sedangkan kecamatan dengan kepadatan penduduk terendah adalah Kecamatan Sawangan yaitu 5.580 jiwa/km2.

Wilayah Depok termasuk dalam daerah beriklim tropis dengan perbedaan curah hujan yang cukup kecil dan dipengaruhi oleh iklim musim.

Secara umum musim kemarau antara bulan April-September dan musim hujan antara bulan Oktober-Maret.

  • Layanan dan Fasilitas


Perguruan Tinggi

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Islam Internasional Indonesia
  • Universitas Mercu Buana
  • Politeknik Negeri Jakarta
  • Politeknik LP3I
  • STIAMI A.R.H
  • Bina Sarana Informatika (BSI)
  • STAI Madinatul Ilmi
  • STKIP Panca Sakti
  • STIE GICI
  • STEI SEBI
  • Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah
  • STKIP Arrahmaniyah

Angkutan Umum

  • D01: Terminal Depok-Depok I PP
  • D02: Terminal Depok-Depok II PP
  • D02A: BBM-Depok Timur PP
  • D03: Terminal Depok-Sawangan-Parung PP
  • D04: Terminal Depok-Kukusan PP
  • D05: Terminal Depok-Citayam-Bojong Gede PP
  • D06: Terminal Depok-Pasar Cisalak-Terminal Jatijajar PP [18]
  • D07: Terminal Depok-Pitara-Citayam PP
  • D07A: Terminal Depok-Pitara-Rawa Denok PP
  • D08: Terminal Depok-BBM-Kp. Sawah PP
  • D09: Terminal Depok-Studio Alam TVRI-Kp.Sawah PP
  • D10: Terminal Depok-Parung Serab-Kp.Sawah PP
  • D11: Terminal Depok-Akses UI-PAL PP
  • D15: Terminal Depok-Simpang Limo PP
  • D17: Terminal Jatijajar-Leuwinanggung PP
  • D19: Puri Cinere-Pondok Cabe PP [19]
  • D21: Sub Terminal Sawangan-Duren Seribu PP
  • D25: Sub Terminal Sawangan-Curug-Pondok Petir PP
  • D26: Sub Terminal Sawangan-Citayam PP
  • D27: Perum Komp.Arco-Cinangka PP
  • D28: Sub Terminal Sawangan-Ciputat PP
  • D37: Terminal Kp.Rambutan-Simpangan Depok PP
  • D41: Terminal Kp.Rambutan-Simpangan Depok-Cibinong PP
  • D61: Ds.Limo-Pasar Minggu PP
  • D69: Cisalak-Pekapuran-Leuwinanggung PP
  • D72: Kp.Sawah-Cibinong PP
  • D79: Cisalak-Leuwinanggung PP
  • D83: Tugu Tanah Baru-Lt.Agung PP
  • D97: Simpang Cisalak-Cibubur PP
  • D102: Parung Bingung-Pondok Labu PP
  • D105: Terminal Depok-Tanah Baru PP
  • D107: Simpang Cisalak-Gas Alam-Leuwinanggung PP
  • D110: Terminal Depok-Cinere PP
  • D111: St.Citayam-Terminal Parung PP
  • D112: Terminal Depok-PAL-Terminal Kp.Rambutan PP
  • D114: Cinere-Ciputat PP
  • D129: Mekarsari-PAL-Pasar Minggu PP
  • M03: Terminal Depok-Pasar Minggu PP
  • M04: Depok Timur-Pasar Minggu PP
  • P01: Cisalak-Cileungsi PP
  • T11: Mekarsari-Cililitan PP
  • T19: Terminal Depok-Terminal Pinang Ranti PP
  • S16: Terminal Depok-Pondok Labu PP
  • Hiba Utama Bandara: Depok-Bandara Soekarno-Hatta
  • Transjakarta: Terminal Depok-BKN via Tol Cijago
  • Jabodetabek Airport Connection: Terminal Depok-Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma

KRL Commuter Line

  • Depok - Jakarta Kota PP
  • Bogor - Jakarta Kota PP
  • Bogor - Jatinegara PP
  • Nambo - Angke PP

Pusat Perbelanjaan

  • Plaza Depok
  • D'Mall
  • Depok Town Square
  • Margo City
  • Gramedia Depok
  • ITC Depok
  • Depok Town Centre, Sawangan
  • Cinere Bellevue Mall
  • TIP TOP
  • Transmart Dewi Sartika
  • Giant Cimanggis
  • Pasar Tugu
  • Cimanggis Square
  • Mall Cinere
  • Cinere Square
  • Pasar Agung
  • Pasar Segar
  • Pasar Musi
  • Pasar Mini
  • Pasar Kemiri
  • Pasadena Rumah Belanja Keluarga
  • Pasadena Factory Outlet
  • Giant Tole Iskandar
  • Salladin Square
  • Cimanggis Mall
  • Pesona Square Mall

Rumah sakit

  • RSUD Depok
  • RS Hermina
  • RSU Bunda Margonda
  • RS Bhayangkara Brimob
  • RS Permata Depok
  • RS Tugu Ibu
  • RS Sentra Medika
  • RS Puri Cinere
  • RS Bhakti Yudha
  • RS Simpangan Depok
  • RS Citra Medika Depok
  • RS Sentra Medika Cisalak
  • RSIA Hasanah Graha Afiah
  • RSIA Tumbuh Kembang
  • RSIA Graha Permata Ibu
  • RSIA Citra Arafiq
  • RSIA Bunda Aliyah
  • RSIA Setya Bhakti
  • RSIA Asyifa
  • RS Mitra Keluarga
  • RS Harapan Depok
  • RS Bersalin Sumber Bahagia
  • RS Meilia Cibubur
  • RS Universitas Indonesia
  • RS Jantung Diagram

(Tribunnewswiki.com/Putradi Pamungkas)



Informasi
Nama Kota Kota Depok
Semboyan Paricara Dharma, Depok Friendly City
Provinsi Jawa Barat
Negara Indonesia
Hari Jadi 27 April 1999
Dasar Hukum Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999
Koordinat LS 6° 22' 21 BT 106° 49' 39
Wali Kota KH. Dr. Mohammad Idris, M.A.
Situs Resmi www.depok.go.id


Sumber :


1. www.depok.go.id


Penulis: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved