FILM - Ode to My Father (2014)

Ode to My Father merupakan film drama yang rilis di Korea Selatan pada 17 Desember 2014. Film ini merupakan karya sutradara JK Youn dan penulis naskah Su-jin Park.


FILM - Ode to My Father (2014)
IMDb
Film Ode to My Father 

Ode to My Father merupakan film drama yang rilis di Korea Selatan pada 17 Desember 2014. Film ini merupakan karya sutradara JK Youn dan penulis naskah Su-jin Park.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ode to My Father merupakan film drama yang rilis di Korea Selatan pada 17 Desember 2014.

Film ini merupakan karya sutradara JK Youn dan penulis naskah  Su-jin Park.

Ode to My Father berhasil mendulang kesuksesan dengan jumlah penonton mencapai sepuluh juta ketika memasuki minggu keempat penayangannya.

JK Youn tercatat sebagai sutradara Korea pertama dengan kedua film yang berhasil mencapai sepuluh juta penonton di Korea, yakni Haeundae dan Ode To My Father.

Berkat pencapaian tersebut para pemain Ode to My Father, Hwang Jung-min dan Kim Yunjin tergabung dalam klub 10 Millions Actor and Actress.

Tak hanya aktor dan aktris kawakan yang hadir dalam film ini, salah satu personil TVXQ, U-Know Yunho, pun tampil sebagai cameo dalam Ode to My Father.

Ode To My Father memiliki latar belakang perang Korea dan perpisahan keluarga di masa tersebut sehingga memberikan sentimen tersendiri bagi bangsa Korea.

Ode To My Father terpilih untuk ditayangkan di program Panorama dalam Berlinale 2015 – Berlin Film Festival Internasional ke-65 di bulan Februari 2015.

Gukje Market atau Pasar Gukje, judul asli dari Ode To My Father, diangkat oleh JK Youn sebagai latar kehidupan sehari-hari dalam film ini.

Tempat ini merupakan tempat menetap para pengungsi perang setelah perang berakhir.

Pengorbanan untuk keluarga dilakukan dengan segala cara, dari mulai beragam kerja sampingan, menjadi tenaga kerja kasar di Jerman, sampai ke perang Vietnam.

JK Youn berharap gambaran kehidupan dan perjuangan para leluhur dalam film ini dapat menginspirasi khususnya bagi generasi muda masa kini dalam perspektif baru. (1)

Ode to My Father (IMDb)

  • Sinopsis


Film ini menggambarkan dampak dari keputusan Pemerintah yang mengirim tenaga perawat dan pekerja tambang Korea ke Jerman pada tahun 1960 serta Perang Vietnam.

Pada peristiwa evakuasi Hungnam pada tahun 1951 dalam Perang Korea ada ribuan pengungsi dari Utara ke Selatan dengan bantuan kapal perang Amerika Serikat.

Salah satu dari para pengungsi itu adalah seorang anak laki-laki bernama Dook-soo yang selalu menggandeng erat dan menggendong adik perempuannya, Mak-soon.

Akibat Mak-soon terlepas dari gendongan Dook-soo, maka sang ayah bertekad mencari puterinya, dan minta dengan sangat kepada Dook-soo untuk mengawal ibu dan dua adiknya menuju pelabuhan Busan, guna menemui sang bibi yang memiliki toko di sana.

Dook-soo diminta bersumpah oleh sang ayah, agar selalu mengingat toko itu sebagai titik pertemuan suatu hari nanti.

Ode to My Father
Ode to My Father (IMDb)

Dook-soo kecil akhirnya menjadi kepala rumah tangga termuda dan harus berjuang keras guna menghidupi keluarganya.

Pada tahun 1960 ketika masalah keuangan membelit keluarga tersebut, karena keluarga ini harus membiayai kuliah adiknya di universitas, akhirnya memaksa Dook-soo untuk menerima tawaran pekerjaan sebagai buruh tambang di Jerman.

Ia pun pergi bersama temannya, Dal-goo.

Di perantauan Dook-soo jatuh cinta dengan seorang wanita pekerja imigran juga, yaitu Young Ja, seorang perawat.

Akibat mengalami kecelakaan di pertambangan serta visanya habis, akhirnya memaksa Dook-soo meninggalkan Jerman dan kembali lagi ke Korea Selatan.

Young Ja beberapa bulan kemudian menyusul ke Korea Selatan dan memberitahukan Dook-soo bahwa ia sedang hamil mengandung anak ketika mereka memadu kasih di Jerman.

Akhirnya mereka segera menikah dan mulai hidup bersama, hingga memiliki dua putra.

Od
Ode to My Father (IMDb)

Beberapa tahun kemudian, bibi Dook-soo meninggal dunia. Paman Dook-soo yang sudah tua juga membutuhkan uang, dan berniat menjual tokonya, namun tidak disetujui oleh Dook-soo.

Karena Dook-soo selalu ingat pada pesan ayahnya saat evakuasi Hungnam, agar menjadikan toko tersebut sebagai titik pertemuan.

Guna mempertahankan toko tersebut, Dook-soo berniat membeli toko tersebut.

Karena desakan uang, maka ia memutuskan untuk ikut Perang Vietnam pada tahun 1970, dengan tujuan untuk membiayai pernikahan akbar adiknya serta untuk membeli toko bibinya dari sang paman.

Dook-soo akhirnya dilepas berangkat ke medan Perang Vietnam, dan akhirnya harus kembali ke Korea Selatan dengan kaki pincang, akibat kena tembakan karena menolong penduduk desa melarikan diri dari kejaran pasukan Vietcong.

Ironisnya gadis kecil yang terpisah dari kakak laki-lakinya, yang ditolongnya mirip dengan kasusnya saat Dook-soo mengalami evakuasi Hungnam, yang terpisah dari adik perempuannya.

Setelah membeli toko bibinya dari sang paman, Dook-soo mengoperasikan toko tersebut bersama isterinya.

Dan pada tahun 1983 saat sebuah stasiun televisi yang terkenal dengan program yang berniat menyatukan keluarga yang terpisah akibat Perang Korea muncul, Dook-soo terpilih untuk mengikuti program televisi tersebut, tentunya dengan harapan dapat bertemu dengan ayahnya.

Lalu akankah Dook-soo berhasil menemukan ayahnya? (2)

  • Poster
    Poster Ode to My Father
    Poster Ode to My Father (IMDb)


  • Pemain


Jung-min Hwang sebagai Yoon, Duk-soo
Yunjin Kim sebagai Youngja
Dal-su Oh sebagai Dal-gu
Jin-young Jung sebagai Yoon, Jin-gyu
Young-nam Jang sebagai Ibu
Mi-ran Ra sebagai Bibi Kkotbun
Seul-gi Kim sebagai Kketsun (Seul-ki Kim)
Stella Choe sebagai Maksoon

Ode to My Father
Ode to My Father (IMdb)

Jesse Day sebagai tentara Amerika
Yunho Jung sebagai Nam Jin
Min-jae Kim sebagai Yoon, Dojoo
stván Medvigy sebagai suami Maksoon
Inho Tae sebagai Yoon, Kijoo
Teresa Trnková sebagai perawat di Jerman (3)

  • Trailer


(Tribunnewswiki.com/Ekarista)



Nama Film Ode to My Father
Tanggal Rilis 17 Desember 2014
Durasi 126 menit
Sutradara JK Youn
Penulis Su-jin Park.
Produksi CJ Entertainment
Genre Drama, Perang
Skor IMDb 7.8


Sumber :


1. entertainment.kompas.com
2. www.kompasiana.com
3. www.imdb.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved