FILM - Street Fighter (1994)

Film Street Fighter bercerita tentang upaya Kolonel Guile (Van Damme) untuk menjatuhkan Jenderal M. Bison (Juliá), diktator militer dan gembong narkoba Kota Shadaloo yang bercita-cita untuk menaklukkan dunia dengan pasukan supersoldiers genetik, sementara itu Guile meminta bantuan pejuang jalanan Ryu dan Ken.


FILM - Street Fighter (1994)
amazon.com dan leastwords.com
Film Street Fighter (1994) 

Film Street Fighter bercerita tentang upaya Kolonel Guile (Van Damme) untuk menjatuhkan Jenderal M. Bison (Juliá), diktator militer dan gembong narkoba Kota Shadaloo yang bercita-cita untuk menaklukkan dunia dengan pasukan supersoldiers genetik, sementara itu Guile meminta bantuan pejuang jalanan Ryu dan Ken.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Street Fighter sebuah film aksi asal Jepang-Amerika tahun 1994 yang ditulis dan disutradarai oleh Steven E. de Souza, berdasarkan seri video game Street Fighter, diproduksi oleh Capcom.

Film Street Fighter dibintangi oleh Jean-Claude Van Damme dan Raúl Juliá, bersama dengan pemeran pendukung Byron Mann, Damian Chapa, Kylie Minogue, Ming-Na Wen dan Wes Studi.

Secara umum, film Street Fighter mengikuti plot Street Fighter II: The World Warrior, film ini berfokus pada upaya Kolonel Guile (Van Damme) untuk menjatuhkan Jenderal M. Bison (Juliá), diktator militer dan gembong narkoba Kota Shadaloo yang bercita-cita untuk menaklukkan dunia dengan pasukan supersoldiers genetik, sementara itu Guile meminta bantuan pejuang jalanan Ryu dan Ken.

Pembuatan reboot film ini Street Fighter: The Legend of Chun-Li, dirilis pada 2009 karena dianggap gagal oleh kritkus dan direspon lesu pasaran, sementara serial televisi Inggris Street Fighter: Fist Assassin's, Fist yang dirilis pada 2014 jauh lebih diterima secara positif dengan fokus cerita pada karakter Ryu dan Ken.

Baca: FILM - Mortal Kombat: Annihilation (1997)

Baca: FILM - Crows Zero (2007)

gfgrhrhrhrh
Kolonel Guile melawan Mr. Bison di film Street Fighter.

  • Plot atau Sinopsis


Di negara Shadaloo, Asia Tenggara, perang saudara meletus antara pasukan Tuan Narkoba yang berubah menjadi Jenderal M. Bison dan Negara-negara Sekutu yang dipimpin oleh Kolonel William F. Guile.

Bison telah menangkap beberapa A.N. pekerja bantuan, dan melalui siaran radio dua arah langsung, menuntut Guile mendapatkan tebusan 20 miliar dollar Amerika Serikat dalam tiga hari.

Guile menolak dan bersumpah untuk melacak Bison dan menempatkannya diadili atas kejahatannya, tetapi asistennya, Sersan Cammy, hanya sebagian yang dapat menunjukkan dengan tepat lokasi Bison ke wilayah delta sungai di luar kota. Satu sandera adalah teman Guile, Sersan Carlos "Charlie" Blanka, yang diperintahkan Bison dibawa ke labnya untuk dokter dan ilmuwan tawanannya, Dhalsim, untuk berubah menjadi yang pertama dari supersoldiers-nya.

Meskipun Charlie sangat cacat oleh prosedur, Dhalsim diam-diam mengubah pemrograman otaknya untuk menjaga kemanusiaan Charlie.

Penipu Amerika, Ryu Hoshi dan Ken Masters berusaha menipu pedagang senjata Viktor Sagat dengan memberinya persenjataan palsu.

Sagat melihat melalui tipu muslihat dan meminta Ryu melawan juara kandangnya, Vega, tetapi Guile menyerbu masuk dan menangkap semua orang yang hadir karena melanggar jam malam.

Di halaman penjara, Guile menyaksikan Ryu dan Ken melawan pasukan Sagat, dan merekrut mereka untuk membantunya menemukan Bison dengan imbalan kebebasan mereka, karena Sagat adalah pemasok senjata Bison.

Mereka diberi alat pelacak dan memenangkan kepercayaan Sagat dengan melakukan pelarian dari penjara dan memalsukan kematian Guile.

Namun, reporter berita Chun-Li, yang ayahnya dibunuh oleh Bison, dan krunya, mantan pegulat sumo E. Honda dan petinju Balrog, yang keluar untuk membalas dendam terhadap Sagat karena merusak karier mereka, tersandung rencana, dan karena keberatan Guile, upaya untuk membunuh dua panglima perang di sebuah pesta. Untuk mempertahankan kepercayaan Bison, Ryu dan Ken menghentikan pembunuhan dan mengungkapkan konspirator kepada Bison.

Kembali ke markasnya, Bison memasukkan Ryu dan Ken ke organisasinya dan memerintahkan Honda dan Balrog dipenjara dan Chun-Li dibawa ke tempat tinggalnya.

Ryu dan Ken mematahkan Balrog dan Honda keluar dari kurungan dan bergegas untuk menghadapi Bison, yang memerangi Chun-Li, tetapi Bison melarikan diri dan melepaskan gas tidur, membius mereka semua. Guile merencanakan serangannya di pangkalan Bison.

Dia dihalangi oleh Wakil Sekretaris A.N., yang memberi tahu Guile bahwa keputusan telah dibuat untuk membayar tebusan kepada Bison, tetapi Guile dan pasukannya yang setia tetap melanjutkan misi.

Di pangkalan, Dhalsim ditemukan oleh seorang penjaga keamanan; selama pertarungan berikutnya, Charlie dilepaskan, dan dia membunuh penjaga untuk melindungi Dhalsim. Guile datang dan menyelinap ke lab, di mana dia bertemu Charlie.

Guile bersiap menembak Charlie untuk mengakhiri penderitaannya, tetapi Dhalsim menghentikannya. Bison bersiap untuk membunuh para sandera dengan melepaskan Charlie pada mereka, tetapi Guile muncul dan melibatkan pengawal Bison sampai A.N. pasukan tiba.

Setelah Bison menjelaskan bahwa dia tidak akan menyerah dengan damai, Guile memerintahkan sekutunya untuk menyelamatkan para sandera dan melibatkan Bison dalam duel pribadi. Saat Guile dan Bison bertarung, Ryu dan Ken mengalahkan Sagat dan Vega.

Baca: FILM - Mortal Kombat (1995)

Baca: FILM - Crows Zero 2 (2009)

Karakter Ryu dan Ken dalam film Street Fighter.
Karakter Ryu dan Ken dalam film Street Fighter. (drafthouse.com)

Pakar komputer Bison, Dee Jay melarikan diri melalui jalan rahasia, bergabung dengan Sagat, sementara pengawal Bison, Zangief, melibatkan Honda dalam perkelahian sampai mengetahui dari Dee Jay bahwa Bison adalah musuh sejati, dan berpihak pada Ryu dan Ken untuk menyelamatkan para sandera.

Tipu muslihat menang atas Bison dan menendang dia ke bank hard drive, menyetrumnya. Sebuah sistem pemulihan mengembalikan Bison dan dia mengungkapkan bahwa jasnya ditenagai oleh elektromagnetisme, memungkinkannya terbang dan menyalakan listrik.

Bison mengendalikan pertarungan, mengalahkan Guile dengan kejam, dan bergerak untuk menghadapi pukulan maut, tetapi Guile membalas dengan menendang Bison ke dinding monitornya, menghabisinya dan membebani medan energi basis.

Para sandera diselamatkan, tetapi Guile tetap tinggal di belakang untuk meyakinkan Dhalsim dan Charlie untuk kembali bersamanya.

Mereka menolak, dengan Dhalsim ingin menebus perannya dalam memutasi Charlie.

Guile melarikan diri dari pangkalan yang meledak dan bersatu kembali dengan rekan-rekannya.

Dalam adegan post-kredit, Bison dihidupkan kembali sekali lagi di tengah-tengah pusat komandonya yang hancur untuk mencoba untuk kembali menguasai dunia.

  • Trailer


Trailer film Street Fighter (1994) : 

  • Poster


Poster film Street Fighter (1994) :

Poster film Street Fighter (1994).
Poster film Street Fighter (1994). (amazon.com)

  • Pemeran
    • Jean-Claude Van Damme sebagai Kolonel Guile
    • Raúl Juliá sebagai Bison
    • Ming-Na Wen sebagai Chun-Li
    • Damian Chapa sebagai Ken
    • Kylie Minogue sebagai Cammy
    • Simon Callow sebagai A.N. Resmi
    • Byron Mann sebagai Ryu
    • Roshan Seth sebagai Dhalsim
    • Andrew Bryniarski sebagai Zangief
    • Grand L. Bush sebagai Balrog
    • Robert Mammone sebagai Carlos "Charlie" Blanka
    • Miguel A. Núñez Jr. sebagai Dee Jay
    • Gregg Rainwater sebagai T. Hawk
    • Kenya Sawada sebagai Kapten Sawada
    • Jay Tavare sebagai Vega
    • Peter Tuiasosopo sebagai Honda
    • Wes Studi sebagai Saga


  • Detail Produksi


Judul : Street Fighter

Rilis : 23 Desember 1994

Negara : Amerika Serikat dan Jepang

Bahasa : Inggris

Sutradara : Steven E. de Souza

Penulis cerita: Steven E. de Souza

Produser : Edward R. Pressman dan Kenzo Tsujimoto

Pemeran : Jean-Claude Van Damme, Raúl Juliá, Ming-Na Wen, Byron Mann, Damian Chapa, Kylie Minogue, Wes Studi

Sinematografi : William A. Fraker

Editor : Edward M. Abroms, Anthony Redman, Robert F. Shugrue dan Donn Aron

Peruhaan produksi : Capcom

Distributor : Universal Pictures dan Columbia TriStar

Durasi :  102 menit

Biaya: 35 juta dollar Amerika Serikat

Pendaptan : 99,4 juta dollar Amerika Serikat (1)

  • Pencapaian dan Kritik


Film Street Fighter meraup 33,4 juta dollar Amerika Serikat di box office domestik dan  66 juta dollar Amerika Serikat di box office internasional, membuat total keseluruhan 99,4 juta dollar Amerika Serikat di seluruh dunia.

Audiens yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai film Street Fighter dengan rata-rata "B−" pada skala A + ke F. (2)

Film Street Fighter mendapat rating 11% pada Rotten Tomatoes, berdasarkan pada 37 ulasan kritikus, dengan hasil konsensus, "Meskipun ia menawarkan hiburan ringan melalui one-liners campy dan overacting-nya Raul Julia, rangkain aksi nonstop dari film Street Fighter tidak cukup untuk menebus alur cerita yang dapat sedikit mudah diprediksi dan tidak sedikit rata.” (3)

Richard Harrington dari The Washington Post mengatakan film Street Fighter: "Film ini terkenal hanya karena menjadi film terakhir yang diisi oleh Raúl Juliá, seorang aktor yang terlalu terampil untuk tuntutan panglima perang yang jahat, Jenderal M. Bison, tetapi terlalu profesional untuk memberikan apa pun yang kurang dari yang terbaik di film ini.”  (4)

Pada 2009, Time memasukkan film Street Fighter ke dalam daftar sepuluh film video game terburuk.

GameTrailers menempatkan film ini sebagai film video game terburuk kedelapan sepanjang masa.

Film ini juga menerima dua nominasi di Saturn Awards: Film Fiksi Ilmiah Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik (nominasi untuk mendiang untuk Raúl Juliá). (5)

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Judul Street Fighter
Genre Aksi
Rilis 23 Desember 1994
Negara Amerika Serikat dan Jepang
Bahasa Inggris
Sutradara Steven E. de Souza
Penulis cerita Steven E. de Souza
Produser Edward R. Pressman dan Kenzo Tsujimoto
Pemeran Jean-Claude Van Damme, Raúl Juliá, Ming-Na Wen, Byron Mann, Damian Chapa, Kylie Minogue, Wes Studi
Perusahaan produksi/distributor Capcom/Universal Pictures dan Columbia TriStar
Durasi 102 menit
Biaya 35 juta dollar Amerika Serikat
Pendapatan 99,4 juta dollar Amerika Serikat


Sumber :


1. www.boxofficemojo.com
2. www.cinemascore.com
3. www.rottentomatoes.com
4. www.washingtonpost.com
5. www.imdb.com


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved