FILM - Ratatouille (2007)

Ratatouille adalah film yang bercerita tentang tikus bernama Remy, yang bermimpi menjadi koki dan mencoba mencapai tujuannya dengan membentuk pertemanan dengan tukang sampah restoran di Paris bernama Alfredo Linguini.


zoom-inlihat foto
filmratatouille-2007.jpg
amazon.com dan pinterest
Film Ratatouille (2007)

Ratatouille adalah film yang bercerita tentang tikus bernama Remy, yang bermimpi menjadi koki dan mencoba mencapai tujuannya dengan membentuk pertemanan dengan tukang sampah restoran di Paris bernama Alfredo Linguini.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ratatouille adalah film animasi komputer Amerika 2007 bergenre komedi yang diproduksi oleh Pixar dan dirilis oleh Walt Disney Pictures.

Ratatouille adalah film kedelapan yang diproduksi oleh Pixar, dan ditulis bersama dan disutradarai oleh Brad Bird, yang mengambil alih proyek dari Jan Pinkava pada tahun 2005.

Judul film ini mengacu pada hidangan Prancis Ratatouille, yang disajikan pada akhir film dan juga referensi spesies karakter utama, tikus.

Film Ratatouille bercerita tentang tikus bernama Remy, yang bermimpi menjadi koki dan mencoba mencapai tujuannya dengan membentuk pertemanan dengan tukang sampah restoran di Paris bernama Alfredo Linguini.

Pengisi suara dalam film Ratatouille adalah Patton Oswalt sebagai Remy, tikus antropomorfik yang tertarik di bidang kuliner; Lou Romano sebagai Alfredo Linguini, bocah tukang sampah yang berteman dengan Remy; Ian Holm sebagai Skinner, kepala koki restoran Auguste Gusteau; Janeane Garofalo sebagai Colette, seorang pengacara di restoran Gusteau; Peter O'Toole sebagai Anton Ego, kritikus restoran; Brian Dennehy sebagai Django, ayah Remy dan pemimpin klannya; Peter Sohn sebagai Emile, kakak Remy; dan Brad Garrett sebagai Auguste Gusteau, koki yang baru saja meninggal.

Perkembangan film Ratatouille dimulai pada tahun 2000 ketika Pinkava menulis konsep asli film ini.

Pada 2005, Bird masuk ke proyek film, menjadi sutradara dan merevisi ceritanya.

Bird dan beberapa anggota kru film juga mengunjungi Paris untuk mendapatkan inspirasi.

Untuk membuat animasi makanan yang digunakan dalam film tersebut, para kru berkonsultasi dengan koki dari Perancis dan Amerika Serikat.

Film Ratatouille tayang perdana pada 22 Juni 2007, di Teater Kodak di Los Angeles, California, dengan rilis umum 29 Juni 2007, di Amerika Serikat.

Film ini meraup perolehean 620,7 juta dollar Amerika Serikat.

Baca: FILM - Ice Age (2002)

Baca: FILM - Crows Zero (2007)

film kjf
Salah satu adegan di film Ratatouille (2007).

  • Plot atau Sinopsis


Remy adalah tikus muda yang sangat cerdas dan idealis dengan indera rasa dan bau yang luar biasa akut yang bermimpi menjadi koki seperti idolanya, almarhum Auguste Gusteau.

Namun, sisa koloni tikusnya, termasuk saudaranya Emile dan ayahnya Django, hanya tertarik pada makanan hanya untuk makanan.

Suatu hari, ketika koloni terpaksa meninggalkan rumah mereka, Remy dipisahkan dari klan dan akhirnya menemukan dirinya di atas dapur Gusteau Restaurant di Paris.

Ketika Remy mengamati seorang tukang sampah muda Alfredo Linguini berusaha memperbaiki sup yang telah dia tumpahkan, dia mengakui bahwa Linguini merusaknya dan memperbaiki kesalahannya.

Linguini menangkapnya, tetapi tidak mengungkapkannya kepada Skinner, mantan sous-chef Gusteau dan pemilik baru restoran.

Skinner berhadapan dengan Linguini karena merusak sup, tetapi ketika sup itu sengaja disajikan dan terbukti sukses, Colette Tatou, satu-satunya koki wanita staf, meyakinkan Skinner untuk mempertahankan Linguini.

Skinner melihat Remy berusaha melarikan diri, dan memerintahkan Linguini untuk membunuh tikus itu, tetapi Linguini memutuskan untuk mempertahankan Remy sebagai gantinya.

Keduanya belajar berkomunikasi dan menyusun rencana: Remy bersembunyi di bawah tolok Linguini di restoran dan membimbing gerakannya seperti boneka dengan menarik rambutnya.

Skinner, sementara itu, memerintahkan Colette untuk mengajar Linguini menjadi koki.

Remy menyaksikan penemuan Skinner bahwa Linguini adalah putra tidak sah Gusteau dan pemilik sah restoran, dan memberikan bukti kepada Linguini, yang memaksa Skinner keluar.

Restoran berkembang pesat ketika resep-resep Remy menjadi populer, meskipun begitu Linguini dan Colette mengembangkan suatu hubungan, Remy mulai merasa ditinggalkan.

Dia bersatu kembali dengan Emile dan klan, tetapi ditolak oleh Django karena kekagumannya pada manusia.

Kritikus makanan terkenal dunia Anton Ego, yang ulasan negatifnya secara tidak langsung menyebabkan kematian Gusteau, mengumumkan dia akan makan di restoran.

Setelah berdebat dengan Linguini, Remy memimpin klannya untuk menyerang dapur restoran sebagai pembalasan, tetapi Linguini mengusir mereka.

Remy ditangkap oleh Skinner, yang berniat menggunakan bakatnya untuk membuat lini produk makanan beku, tetapi segera dibebaskan oleh Django dan Emile.

Linguini meminta maaf kepada Remy, karena tidak bisa memasak tanpa dia, dan mengungkapkan kebenaran kepada stafnya, yang percaya dia gila dan mengundurkan diri.

Colette kembali setelah mengingat moto Gusteau, "Siapa pun bisa memasak."

Baca: Charlie and the Chocolate Factory (2005)

Baca: Kung Fu Hustle (2004)

ifm
Karakter Remy (tikus) dan Linguni di film Ratatouille.

Terkesan oleh tekad Remy, Django dan klan menawarkan bantuan, dan memasak di bawah arahan Remy sementara Linguini menunggu meja.

Skinner dan seorang inspektur kesehatan berupaya untuk ikut campur, tetapi terikat dan tersumbat. Remy menciptakan variasi pada ratatouille yang mengingatkan Ego tentang masakan ibunya.

Ego meminta untuk bertemu koki, jadi Linguini dan Colette menunggu sampai pengunjung lain pergi sebelum memperkenalkan Remy.

Ego terpana dan menulis ulasan yang cemerlang, mengatakan bagaimana dia sekarang memahami moto terkenal Gusteau, dan memanggil Remy "tidak kurang dari koki terbaik di Prancis."

Meskipun ditinjau, mereka dipaksa untuk membiarkan Skinner dan inspektur kesehatan pergi dan restoran ditutup karena kehadiran tikus, menyebabkan Ego kehilangan pekerjaan dan kredibilitasnya sebagai seorang kritikus.

Namun, ia sekarang mendanai dan sering mengunjungi bistro baru yang populer, La Ratatouille, dijalankan oleh Remy, Linguini, dan Colette ketika koloni tikus itu menetap di rumah baru mereka di loteng bistro.

  • Poster


Poster film Ratatouille (2007) : 

Poster film Ratatouille (2007)
Poster film Ratatouille (2007) (collerctors.com)

  • Trailer


Trailer film Ratatouille (2007) :

  • Pengisi suara
    • Patton Oswalt sebagai Remy, tikus dengan indera perasa, pengecap dan penciuman yang tinggi, memungkinkan dirinya berbakat dan berkeinginan untuk memasak.
    • Lou Romano sebagai Alfredo Linguini, putra Auguste Gusteau dan Renata Linguini dan tukang sampah ceroboh yang menjadi teman Remy.
    • Ian Holm sebagai Chef Skinner, koki kecil dan pemilik restoran Auguste Gusteau yang kejam.
    • Janeane Garofalo sebagai Colette Tatou, chef de partie Gusteau, terinspirasi oleh chef Prancis Hélène Darroze.
    • Brad Garrett sebagai Auguste Gusteau (yang nama depan dan belakangnya adalah anagram satu sama lain), koki Prancis paling terkenal, yang meninggal karena patah hati dua tahun sebelum acara film tersebut setelah restoran bintang lima yang diturunkan menjadi empat bintang karena ulasan negatif oleh Anton Ego. Banyak pengulas percaya bahwa Gusteau terinspirasi oleh koki kehidupan nyata Bernard Loiseau, yang bunuh diri setelah spekulasi media bahwa restoran andalannya, La Côte d'Or, akan diturunkan dari tiga bintang Michelin menjadi dua.
    • Brian Dennehy sebagai Django, ayah Remy dan Emile, dan pemimpin tikus.
    • Peter O'Toole sebagai Anton Ego, kritikus restoran yang negatif dan mudah tidak senang. Penampilannya meniru Louis Jouvet.
    • Peter Sohn sebagai Emile, kakak lelaki Remy yang rakus.
    • Will Arnett sebagai Horst, koki sous Jerman Skinner.
    • Julius Callahan sebagai Lalo, saucier dan poissonnier Gusteau. Callahan juga menyuarakan François, eksekutif periklanan yang menangani pemasaran produk-produk microwave dari Gusteau.
    • James Remar sebagai Larousse, manajer garde chef Gusteau.
    • John Ratzenberger sebagai Mustafa, chef de salle Gusteau.
    • Teddy Newton sebagai Talon Labarthe, pengacara Skinner.
    • Tony Fucile sebagai Pompidou, Patissier Gusteau. Fucile juga menyuarakan Nadar Lessard, seorang inspektur kesehatan yang dipekerjakan oleh Skinner.
    • Jake Steinfeld sebagai Git, mantan tikus lab dan anggota koloni Django.
    • Brad Bird sebagai Ambrister Minion, kepala pelayan Anton Ego.
    • Stéphane Roux sebagai narator saluran memasak.
    • Thomas Keller, pemilik restoran, sebagai pelindung makan yang bertanya “what’s new”.


  • Detail Produksi


Judul : Ratatouille

Rilis : 22 Juni 2007

Negara : Amerika Serikat

Bahasa : Inggris

Sutradara : Brad Bird

Penulis cerita: Brad Bird

Produser : Brad Lewis

Pengisi suara : Patton Oswalt, Ian Holm, Lou Romano, Janeane Garofalo, Brad Garrett, Peter O'Toole, Brian Dennehy, Peter Sohn, Will Arnett

Sinematografi : Sharon Calahan, Robert Anderson

Musik : Micahel Giacchino

Perusahaan produksi : Pixar Animation Studios, Walt Disney Pictures

Distributor : Buena Vista Pictures

Durasi film : 111 menit

Biaya : 150 juta dollar Amerika Serikat

Pendapatan: 620.7 juta dollar Amerika Serikat (1)

  • Respons Film           


Untuk film Ratatouille, situs Rotten Tomatoes memberi approval rating 96% dengan peringkat rata-rata 8.47/10 berdasarkan 249 ulasan. (2)

Konsensus dari situs itu berbunyi: "Gerakan cepat dan animasi yang memukau, Ratatouille menambahkan sesauti lain yang menghibur dan pahlawan cerita yang tak disangka."

Metacritic, situs web agregator peninjau film lainnya memberi skor 96 dari 100 berdasarkan 37 ulasan, tertinggi dari semua film Pixar yang ada di review situs itu dan peringkat film tertinggi ke dua puluh satu di situs tersebut. (3)

Joe Morgenstern dari The Wall Street Journal memberi film Ratatouliie dengan tinjauan positif, mengatakan "Karakternya sangat menarik, animasinya mencengangkan dan filmnya, versi fantasi dari rhapsody foodie, mempertahankan penemuan gembira yang belum pernah terlihat di hiburan keluarga sejak The Incredibles.” (4)

Kenneth Turan dari Los Angeles Times memberikan film Ratatouille bintang empat setengah dari lima, dengan mengatakan "Film Ratatouille dari Brad Bird begitu berani sehingga Anda harus jatuh cinta pada pahlawan yang kita tak duga-duga.” (5)

Film Ratatouille memenangkan Academy Award untuk Fitur Animasi Terbaik di Academy Awards ke-80 dan masuk nominasi untuk empat lainnya: Skor Asli Terbaik, Penyuntingan Suara Terbaik, Pencampuran Suara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, kalah dari Atonement, The Bourne Ultimatum (untuk kedua Penyuntingan Suara Terbaik) dan Pencampuran Suara Terbaik), dan Juno, dalam bidang sama.

Pada saat itu, film Ratatouille memegang rekor nominasi Oscar terbesar untuk film animasi komputer, memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Monsters, Inc., Finding Nemo, dan The Incredibles di empat nominasi, tetapi setara dengan Aladdin untuk setiap film animasi.

Pada 2013, Ratatouille setara dengan Up and Toy Story 3 untuk film animasi dengan nominasi Oscar terbesar kedua.

Selanjutnya, Ratatouille masuk nominasi untuk 13 Annie Awards termasuk dua kali dalam Best Animated Effects, di mana ia kalah dari Surf's Up, dan tiga kali dalam Akting Suara Terbaik dalam Produksi Fitur Animasi untuk Janeane Garofalo, Ian Holm, dan Patton Oswalt, di mana Ian Holm memenangkan penghargaan.

Film Ratatouille memenangkan Penghargaan Fitur Animasi Terbaik dari berbagai asosiasi termasuk Kritikus Film Chicago, Dewan Peninjauan Nasional, Penghargaan Annie, Reviewer Film Siaran, Akademi Film dan Televisi Inggris (BAFTA), dan Golden Globes.

 (Tribunnewswiki.com/Haris)



Judul Ratatouille
Kategori Animasi komedi
Rilis 22 Juni 2007
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Sutradara/penulis cerita Brad Bird
Produser Brad Lewis
Pengisi suara Patton Oswalt, Ian Holm, Lou Romano, Janeane Garofalo, Brad Garrett, Peter O'Toole, Brian Dennehy, Peter Sohn, Will Arnett
Durasi 111 menit
Biaya 150 juta dollar Amerika Serikat
Pendapatan 620.7 juta dollar Amerika Serikat


Sumber :


1. www.boxofficemojo.com
2. www.rottentomatoes.com
3. www.metacritic.com
4. www.wsj.com
5. www.latimes.com


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved