Kabupaten Bojonegoro

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, dengan ibu kota Bojonegoro.


Kabupaten Bojonegoro
Tribunnewswiki.com
Kabupaten Bojonegoro 

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, dengan ibu kota Bojonegoro.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, dengan ibu kota Bojonegoro.

Kabupaten Bojonegoro berbatasan langsung dengan 5 Kabupaten.

Yaitu dibagian utara dengan Kabupaten Tuban, bagian timur dengan Kabupaten Lamongan, bagian selatan dengan Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi, serta bagian barat dengan Kabupaten Blora (Jawa Tengah).

Bagian barat Bojonegoro (perbatasan dengan Jawa Tengah) merupakan bagian dari Blok Cepu, salah satu sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia.

  • Sejarah


Masa kehidupan sejarah Indonesia Kuno ditandai oleh pengaruh kuat kebudayaan Hindu yang datang dari India sejak Abad I.

Hingga abad ke-16, Bojonegoro termasuk wilayah kekuasaan Majapahit.

Seiring dengan berdirinya Kesultanan Demak pada abad ke-16, Bojonegoro menjadi wilayah Kerajaan Demak.

Dengan berkembangnya budaya baru yaitu Islam, pengaruh budaya Hindu terdesak dan terjadilah pergeseran nilai dan tata masyarakat dari nilai lama Hindu ke nilai baru Islam dengan disertai perang dalam upaya merebut kekuasaan Majapahit (wilwatikta).

Peralihan kekuasaan yang disertai pergolakan membawa Bojonegoro masuk dalam wilayah Kerajaan Pajang (1586), dan kemudian Mataram (1587).

Pada tanggal 20 Oktober 1677, status Jipang yang sebelumnya adalah kadipaten diubah menjadi kabupaten dengan Wedana Bupati Mancanegara Wetan, Mas Tumapel yang juga merangkap sebagai Bupati I yang berkedudukan di Jipang.

Tanggal ini hingga sekarang diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Bojonegoro.

Tahun 1725, ketika Pakubuwono II (Kasunanan Surakarta) naik tahta, pusat pemerintahan Kabupaten Jipang dipindahkan dari Jipang ke Rajekwesi, sekitar 10 km sebelah selatan kota Bojonegoro sekarang.

  • Geografi


Kabupaten Bojonegoro, merupakan daerah yang berada di Wilayah Provinsi Jawa Timur, terletak pada posisi 60 59’ sampai 70 37’ Lintang Selatan dan 1120 25’ sampai 1120 09’ Bujur Timur, dengan jarak + 110 km dari ibu kota provinsi.

Luas wilayah Kabupaten Bojonegoro adalah 230.706 ha dengan jumlah penduduk pada akhir Tahun 2018 1.311.042 jiwa, dan secara administratif memiliki batas wilayah yaitu sebelah Utara Kabupaten Tuban, sebelah Selatan Kabupaten Madiun, Nganjuk dan Jombang, Sebelah Timur Kabupaten Lamongan dan sebelah Barat Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Blora (Provinsi Jawa Tengah).

Pembagian Wilayah Kabupaten Bojonegoro terdiri dari 28 Kecamatan, meliputi 11 kelurahan dan 419 desa.

Beberapa hal yang penting kita ketahui berkaitan dengan pengembangan wilayah, dimana wilayah Kabupaten Bojonegoro sebagian besar wilayahnya merupakan daerah pertanian, maka dalam konsep pengembangan perlu memperhatikan tentang ketersediaan lahan, letak geografis, jenis tanah, agroklimat, sumber daya wilayah, sarana dan prasarana.

Sumber daya dan kondisi tersebut pada akhirnya akan berpengaruh terhadap perkembangan dan prospek terhadap perkembangan pembangunan wilayah.

Di Kabupaten Bojonegoro tata guna lahan terdiri dari 2 (dua) Kawasan yaitu Kawasan Lindung meliputi Hutan Lindung seluas 1.456,47 ha, Sempadan Sungai seluas 1.242,04 ha, Danau dan Waduk seluas 967,27 ha, sedangkan Kawasan Budidaya meliputi Hutan Produksi seluas 94.479,34 ha, Perkebunan seluas 1.522,66 ha, Tanah Sawah seluas 76.848,17 ha, Permukiman seluas 23.970,35 ha, Ladang seluas 23.439,73 ha dan lain-lain seluas 6.779,97 ha.

  • Demografi


Populasi Penduduk di Kabupaten Bojonegoro tahun 2016 sebesar 1.306.693 jiwa, tahun 2017 mengalami kenaikan menjadi 1.310.079 jiwa, dan pada Tahun 2018 juga mengalami kenaikan menjadi sebesar 1.311.042 jiwa.

Kenaikan dari tahun 2016 ke 2017 sebesar 0,3% dan kenaikan dari tahun 2017 ke 2018 hanya 0,07%. 

Jumlah penduduk terbesar berada di Kecamatan Bojonegoro yaitu 85.972 jiwa (tahun 2018), sedangkan jumlah penduduk paling sedikit adalah Kecamatan Ngambon dengan jumlah penduduk hanya sebesar 11.451 jiwa (tahun 2018).

Selain jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin dan sex ratio, jumlah penduduk menurut kelompok umur merupakan salah satu aspek penting dalam aspek demografi suatu wilayah.

Jumlah penduduk menurut kelompok umur dapat menjelaskan sebaran usia produktif dan non produktif di suatu wilayah.

Struktur umur penduduk Kabupaten Bojonegoro didominasi oleh usia produktif yaitu pada kelompok umur antara 15–64 tahun (71,1 persen) dengan komposisi terbesar berada pada penduduk berumur 35–39 tahun (8,0 persen).

Kondisi ini sangat menguntungkan karena sebagian besar (diatas 75 persen) merupakan penduduk usia kerja (usia produktif), sisanya sebanyak 19,6 persen merupakan penduduk usia muda (berusia dibawah 15 tahun) dan 9,2 persen merupakan penduduk lanjut usia (65 tahun ke atas).

Hal ini menunjukkan  struktur penduduk konstriktif (constrictive), yaitu struktur penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan kelompok umur di atasnya.

  • Pariwisata


Bojonegoro memiliki banyak tempat wisata meskipun belum terkelola secara maksimal.

Akan tetapi hal ini tentu saja bisa menjadi daya tarik tersendiri

Wisata alam

  • Kayangan Api, di Sendangharjo
  • Waduk Pacal, di Kedungsumber
  • Wana Wisata Dander, di Dander
  • Bendungan Gerak Bojonegoro, di Ngringinrejo
  • Air Terjun Kedungmaor, di Temayang
  • Air Terjun Krondonan, di Gondang
  • Wisata Alam Negeri Atas Angin, di Sekar
  • Little Teksas Wonocolo, di Kedewan
  • Water Fun, di Ngunut Dander
  • Air Terjun Sujonopuro, di Sekar
  • Air Terjun Pucang, di Bubulan
  • Air Terjun Kedung Gupit, di Sekar

Wisata Religi

  • Makam Wali Kidangan, di Sukorejo
  • Makam Buyut Dalem, di Karang Pacar
  • Makam Mbah Malang Negoro, di Ngasinan

Wisata Sejarah

  • Masjid Al Birru Pertiwi, di Dander
  • Masjid Agung Bojonegoro, di Kauman
  • Museum Rajekwesi, di Jawik
  • Klenteng Hok Swie Bio, di Sekaran
  • Sumurboto, di Dadapan, Sumberagung, Ngraho

(Tribunnewswiki.com/Putradi Pamungkas)



Informasi
Nama Tempat Kabupaten Bojonegoro
Provinsi Jawa Timur
Peresmian 20 Oktober 1677
Ibu Kota Kota Bojonegoro
Bupati DR. Hj. Anna Muáwanah
Situs Resmi www.bojonegorokab.go.id


Sumber :


1. www.bojonegorokab.go.id








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved