Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi Sadikin merupakan Direktur Utama PT Inalum (Persero) yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi Wakil Menteri BUMN


zoom-inlihat foto
budi-gunadi21.jpg
Kompas.com
Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin, menyambangi Istana Kepresidenan pada Jumat (25/10/2019) pagi.(KOMPAS.com/Ihsanuddin)

Budi Gunadi Sadikin merupakan Direktur Utama PT Inalum (Persero) yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi Wakil Menteri BUMN




  • Kehidupan Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COMBudi Gunadi Sadikin merupakan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi Wakil Menteri BUMN.

Budi Gunadi Sadikin bersama Kartiko Wirjoatmodjo diminta membantu Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir untuk mengembangkan 142 perusahaan milik negara.

Budi Gunadi Sadikin merupakan sosok kelahiran Bogor pada 1964.

Budi Gunadi Sadikin meraih gelar sarjana di Bidang Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1988. (1) 

Budi Gunadi Sadikin juga meraih gelar pendidikan ekonominya dari Wahington University, Amerika serikat. (2) 

Selain itu, Budi Gunadi Sadikin juga telah mengantongi sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultant (CHC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada 2004. (3) 

budi gunadi1
Budi Gunadi Sadikin (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)

  • Rekam jejak


Budi Gunadi Sadikin mengawali karier sebagai staf teknologi informasi di IBM Asia Pasifik yang berpusat di Tokyo, Jepang.

Kemudian, Budi Gunadi melanjutkan karier di IBM Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Systems Integration & Professional Services Manager hingga 1994.

Mulai 1994, Budi Gunadi pindah ke Bank Bali yang sekarang berubah nama menjadi Bank Permata.

Budi Gunadi diketahui beberapa kali memegang sejumlah jabatan, di antaranya sebagai General Manager Electronic Banking, Chief General Manager wilayah Jakarta, dan Chief General Manager Human Resources hingga 1999.

Baca: Kartika Wirjoatmodjo

Baca: Wahyu Sakti Trenggono

Lalu Budi bergabung dengan ABN Amro Bank Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Consumer Banking hingga 2004.

Selanjutnya, Budi Gunadi Sadikin berpindah ke Bank Danamon sebagai Executive Vice President Consumer Banking dan Direktur di Adira Quantum Multi Finance.

Pada 2006, Budi Gunadi bergabung ke Bank Mandiri.

Sebelum menjadi Direktur Utama Bank Mandiri pada 2013, Budi Gunadi menjabat sebagai Direktur Mikro dan Retail Banking.

Setelah tak lagi menjabat Direktur Bank Mandiri, Budi Gunadi pernah menjadi staf khusus Menteri BUMN Rini Sumarno. (4) 

Pada 2017, Budi Gunadi Sadikin diangkat menjadi Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) sebelum akhirnya efektif menjadi direktur utama pada 14 September 2017.

Di bawah kepemimpinan Budi Gunadi Sadikin, PT Inalum (Persero)resmi menggenggam 51,23 persen saham PT Freeport Indonesia dengan membayarkan 3,85 miliar USD. (5) 

Budi Gunadi Sadikin bersama dengan Kartika Wiryoatmodjo ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendampingi Erick Thohir.

Budi Gunadi menyebut jika dirinya dan Kartika Wiryoatmodjo ditugaskan Jokowi untuk membuat BUMN bisa membantu masyarakat lepas dari kemiskinan.

Selain itu Budi Gunadi menilai bahwa BUMN bisa mempunyai peran ini melalui perusahaan, semisal PT Perkebunan Nusantara dan Perhutani.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengusulkan tiga atau empat nama calon wakil menteri kepada Presiden Jokowi.

Sementara Jokowi menyebut Kementerian BUMN membutuhkan lebih dari satu wakil menteri. Sebab, 140 BUMN yang harus dikelola.

Setelah diberikan tugas untuk menjabat wakil menteri, Budi Gunadi mengaku siap untuk mundur dari jabatan yang tengah dipegangnya. (6)

(Tribunnewswiki.com/Ami Heppy)



Nama Budi Gunadi Sadikin
Lahir Bogor, 1964
Pendidikan Institut Teknologi Bandung (ITB)
Profesi Pengusaha
Jabatan Wakil Menteri BUMN Kabinet Indonesia Maju








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Kecelakaan di Tol Cipularang, Truk

    Insiden kecelakaan terjadi di KM 91 Tol Cipularang,
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved