Pidato Pertama Puan Maharani Sebagai Ketua DPR RI 2019-2024

Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR RI 2019-2024. Berikut adalah pidato pertama Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI


zoom-inlihat foto
puan0001.jpg
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024 yang ditetapkan dalam rapat paripurna perdana DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Pada rapat tersebut sekaligus menentukan ketua dan wakil ketua DPR RI diantaranya Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI. (Tribunnews/Jeprima)

Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR RI 2019-2024. Berikut adalah pidato pertama Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Puan Maharani resmi menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2019 - 2024.

Sedangkan empat Wakil Ketua DPR adalah Aziz Syamsuddin dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Rachmat Gobel dari Fraksi Partai Nasdem dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

Pimpinan DPR RI 2019-2024 resmi ditetapkan dalam Sidang Paripurna.

Sidang Paripurna dipimpin oleh Ketua DPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe dan Wakil Ketua DPR sementara Hillary Brigitta Lasut.

Adapun sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 resmi dilantik dalam Sidang Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Sementara itu, sebanyak 136 anggota DPD dan 711 anggota MPR resmi dilantik. Pelantikan anggota DPR DPD dan MPR dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pelantikan pengambilan sumpah dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

Proses penetapan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah janji jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. 

Puan Maharani Nakshatra Kusyala atau yang lebih sering disapa Puan Maharani merupakan politikus perempuan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P).

Puan Maharani lahir di Jakarta pada 6 September 1973.

Puan Maharani adalah anak dari pasangan Megawati Soekarnoputri dan Taufiq Kiemas.

Puan Maharani resmi mencatatatkan sejarah sebagai Ketua DPR RI perempuan pertama di Indonesia.

Berikut adalah pidato pertama Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI 2019-2024.

Pidato Puan Maharani
Pidato Puan Maharani. (Tangkapan Layar TV Parlemen, Selasa, (1/10/2019))

  • Isi Pidato #


"Assalamu‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua,

Om Swastiastu, Namo Budhaya, Salam Kebajikan

Yang saya hormati dan saya cintai, Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden Kelima Republik Indonesia,
Yang Terhormat Para Wakil Pimpinan DPR RI,
Yang Terhormat Pimpinan Fraksi-Fraksi DPR RI,
Yang Terhormat Para Anggota DPR RI,
Yang Terhormat Saudara Sekretaris Jenderal DPR RI, dan Para Hadirin Sekalian yang Kami Muliakan,

Turut hadir pada kesempatan yang berbahagia ini, Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, Pak Pramono Anung, kolega saya selama ada di Kabinet Indonesia Kerja.

Syukur alhamdulillah mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya sehingga kita dapat memenuhi langkah awal dari rangkaian tugas konstitusional dan pengabdian kita kepada bangsa dan negara melalui lembaga ini.

Saudara-saudara Anggota Dewan dan hadirin yang kami hormati,

Alhamdulillah prosesi pengucapan sumpah/janji Anggota DPR RI hasil Pemilu tahun 2019, telah dilaksanakan secara tertib dan lancar. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan telah berhasil dipilih Pimpinan DPR RI, yaitu:

Saya sendiri Puan Maharani dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,
Saudara Aziz Samsudin dari Fraksi Partai Golkar,
Saudara Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra,
Saudara Rachmat Gobel dari Fraksi Partai Nasdem, dan
Saudara Haji Abdul Muhaimin Iskandar dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

Kami telah mengucapkan sumpah jabatan selaku Ketua dan Wakil-wakil Ketua DPR RI dan akan menjalankan tugas secara kolektif kolegial dalam kurun waktu insyallah 5 (lima) tahun ke depan sejak tanggal 1 Oktober 2019 hingga 30 September 2024.

Sidang Dewan yang Terhormat,

Dalam kesempatan ini, izinkanlah saya atas nama Pimpinan Dewan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk memimpin Dewan Pimpinan Rakyat Republik Indonesia Periode 2019-2024.

Kepemimpinan DPR yang bersifat kolektif kolegial harus diwujudkan dengan membangun semangat kebersamaan, semangat kerja bersama, jiwa bergotong-royong.

Semangat gotong royong, dapat mengoptimalkan tugas dan fungsi kita sebagai wakil rakyat, dengan mengkomunikasikan berbagai masukan, saran,dan dukungan dari segenap anggota dewan yang berhimpun dalam fraksi-fraksi, Komisi-komisi,serta berbagai alat kelengkapan DPR lainnya.

Hanya dengan semangat gotong royong dan niat pengabdian yang tulus dari semua Anggota DPR maka kita akan dapat menjalankan amanah sebagai wakil rakyat.

Tugas ini merupakan sebuah amanah mulia yang menuntut tanggungjawab yang harus kita tunaikan bersama.

Saudara-saudara anggota dewan dan hadirin yang kami hormati,

Keberadaan kita di sini sebagai anggota legislatif merupakan hasil dari proses pemilu yang demokratis, di mana rakyat telah memberikan kepercayaan kepada kita sebagai wakil-wakilnya.

Hasil Pemilu 2019, merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat. Menjadi tanggung jawab konstitusional kita bersama untuk dapat melaksanakan hasil Pemilu 2019.

Melalui fungsi legislasi, fungsi anggaran, fungsi pengawasan, serta memperjuangkan aspirasi rakyat, DPR RI diharapkan dapat ikut mewujudkan tujuan bernegara kita, yaitu “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Walaupun fungsi-fungsi di DPR akan berjalan secara dinamis, namun hal itu tidak boleh membuat kita menjadi terpecah belah dan kontraproduktif.

Dinamika dalam menjalankan fungsi-fungsi DPR tetap berjalan pada landasan utamanya yaitu Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika, sehingga kepentingan nasional, bangsa dan negara yang diutamakan.

Kekritisan kita, khususnya dalam mengimplementasikan prinsip demokrasi dan menjalankan mekanisme checks and balances haruslah selalu konstruktif, dan membangun peradaban demokrasi di Indonesia.

Marilah, marilah kita jaga bersama kepercayaan yang telah diberikan rakyat tersebut melalui kerja keras, kerja cerdas, dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan fungsi dan peran DPR yang dapat memenuhi aspirasi dan harapan rakyat.

Saudara-saudara Anggota Dewan dan hadirin yang kami hormati,

Tugas yang hendak kita jalankan akan menghadapi tantangan dan kendala yang tidak ringan.

Kita menghadapi era kemajuan jaman yang sangat dinamis, era revolusi industri 4.0, era teknologi digital yang hampir menguasai setiap kehidupan manusia, menciptakan kodisi kehidupan masyarakat dan negara terbuka secara sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

Persaingan global semakin tajam, berbagai permasalahan yang memiliki karakter dan substansi yang berbeda-beda.

Pada saat yang bersamaan, kita sebagai bangsa dan negara, semakin dituntut untuk memiliki kemampuan dan kekuatan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya, agar dapat mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian berlandaskan Pancasila.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua, seluruh anggota dewan, untuk senantiasa meningkatkan kapabilitas dalam merespon berbagai perkembangan, sehingga dapat mengambil keputusan yang terbaik dan bermanfaat bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat, bangsa, dan negara yang kita cintai ini.

Sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, kita juga dituntut untuk dapat menjaga keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, kita perlu berada dalam satu semangat dan jiwa yang sama, untuk secara bersama-sama memantapkan dan meneguhkan Pancasila sebagai ideologi kehidupan berbangsa dan bernegara, UUD Negara Republik Indonesia 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan dalam kehiduban berbangsa dan bernegara.

Sidang Dewan yang Terhormat,

Pada kesempatan ini kami juga mengharapkan dukungan dari masyarakat, termasuk para pengamat dan kalangan media massa.

Kami tidak anti-kritik, tetapi diharapkan masyarakat tidak mudah terjebak pada penilaian yang bersifat apriori terhadap pelaksanaan tugas-tugas DPR dan dapat bersikap objektif dalam menilai kinerja kami semua.

DPR adalah lembaga yang merupakan representasi rakyat, sehingga Gedung DPR adalah rumah rakyat.

Oleh karena itu, kita akan selalu terbuka terhadap setiap aspirasi dan masukan yang kami terima dari masyarakat.

Saudara-saudara anggota dewan dan hadirin yang kami hormati,

Saya yakin, segenap pimpinan DPR periode 2019-2024, saya dan para wakil ketua DPR, yang baru saja dilantik, memiliki komitmen bersama agar pada masa kepemimpinan kami, Insya Allah akan kami gelorakan semangat gotong royong mewujudkan DPR sebagai parlemen yang modern, terbuka, dan aspiratif serta berupaya menjadikan DPR sebagai rumah rakyat yang sesungguhnya.

Saudara-saudara Anggota Dewan dan hadirin yang kami hormati,

Akhirnya, kami ucapkan selamat bekerja untuk kita semua:

“Karma Nevad Ni Adikaraste Ma Phaleshu Kada Chana”

Lakukan kewajiban kita tanpa memikirkan untung ruginya.

Kalau bukan kita yg mendapatkan manfaatnya, maka anak-anak kita yg akan menerimanya,

Kalau bukan anak-anak kita, maka cucu kita yg akan mendapatkan manfaatnya.

Sejarah sedang memberikan kesempatan bagi kita

Apakah kita akan mundur, mandeg, atau maju?

Gunakanlah kesempatan sejarah ini, dalam bergotong royong memajukan bangsa dan negara.

Semoga Allah SWT, Tuhan yang maha esa, memberikan rahmat dan bimbingannya bagi perjuangan kita semua.

Terima kasih, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Om santi santi santi om".

Merdeka ! Merdeka ! Merdeka !

--

Referensi:

TV Parlemen, diakses di Official Youtube DPR RI

--

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Dinar Fitra Maghiszha)



Informasi Detail
Nama Pidato Pertama Puan Maharani Sebagai Ketua DPR RI 2019-2024
Waktu Selasa, 1 Oktober 2019.
Tempat Gedung DPR RI, Jakarta
   


ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved