Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka adalah anak sulung dari Presiden RI ke-7, Joko Widodo. Gibran Rakabuming Raka dikenal memiliki banyak bisnis dan jarang terlihat sebagai sosok bidang politik. Pada September 2019 Gibran Rakabuming Raka terlihat mengunjungi DPC PDIP Solo. Kunjungan tersebut diduga merupakan awal Gibran Rakabuming Raka meraih karier politik dan ikut serta dalam Pilwalkot Solo 2020.


zoom-inlihat foto
gibran-rakabuming-rakaa.jpg
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo saat wawancara eksklusif dengan Kompas.com, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2017).

Gibran Rakabuming Raka adalah anak sulung dari Presiden RI ke-7, Joko Widodo. Gibran Rakabuming Raka dikenal memiliki banyak bisnis dan jarang terlihat sebagai sosok bidang politik. Pada September 2019 Gibran Rakabuming Raka terlihat mengunjungi DPC PDIP Solo. Kunjungan tersebut diduga merupakan awal Gibran Rakabuming Raka meraih karier politik dan ikut serta dalam Pilwalkot Solo 2020.




  • Riwayat Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung dari Presiden RI ke-7, Joko Widodo dan Iriana Jokowi.

Gibran Rakabuming Raka lahir di Solo pada 1 Oktober 1987.

Nama Gibran Rakabuming Raka dijadikan sebagai nama perusahaan mebel Joko Widodo yaitu CV. Rakabu.

Gibran Rakabuming Raka menempuh pendidikan di Kota Solo dan melanjutkan ke  Orchid Park Secondary School, Singapura.

Setelah lulus, Gibran Rakabuming Raka melanjutkan pendidikan ke Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan University of Technology Insearch, Sydney, Australia.

Setelah lulus pada 2010 Gibran Rakabuming Raka kembali ke Solo dan merintis catering Chili Pari pada Desember 2010.

Gibran Rakabuming Raka kemudian juga membuka berbagai jenis bisnis yang juga bekerjasama dengan sang adik, Kaesang Pangarep.

Pada 2015 Gibran Rakabuming Raka menikah dengan Putri Solo, Selvi Ananda Putri dan dikaruniai seorang putra yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra.

Jan Ethes Srinarendra lahir pada 10 Maret 2016 dan menjadi idola baru Indonesia karena imut dan lucu. (1)

Gibran Rakabumin Raka bersama sang Istri, Selvi Ananda Putri dan sang putra, Jan Ethes Srinarendra
Gibran Rakabumin Raka bersama sang Istri, Selvi Ananda Putri dan sang putra, Jan Ethes Srinarendra (Instagram @gibranrakabumingraka_)

  • Perjalanan Karer


Pada awalnya sang Ayah, Joko Widodo menginginkan Gibran Rakabuming Raka untuk meneruskan bisnis mebel yang sudah cukup besar.

Namun Gibran Rakabuming Raka menolak dan lebih memilih untuk menjadi mandiri.

Sehingga setelah lulus kuliah, Gibran Rakabuming Raka mengawali karier bisnis dengan merintis usaha katering Chili Pari pada Desember 2010.

Bisnis katering tersebut dipilih karena keluarga Joko Widodo telah memiliki sebuah gedung serba guna, yaitu Graha Saba Buana.

Oleh karena itu Gibran Rakabuming Raka tidak ragu merintis bisnis katering karena pasar dan pembeli sudah jelas ada.

Bahkan Gibran Rakabuming Raka juga dipercaya menjadi ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Chili Pari saat ini tidak hanya melayani katering saja melainkan juga wedding organizer dan menyediakan perlengkapan acara seperti fotografi, suvenir, hingga undangan.

Pada 2015 Gibran Rakabuming Raka dan beberapa rekan membuat bisnis kuliner yaitu Martabak Kotta Barat yang kemudian lebih dikenal dengan nama Markobar.

Markobar menjadi satu dari perintis Martabak modern dengan beragam pilihan topping seperti matcha dan berbagai merek cokelat seperti nutella, kit-kat dan lain sebagainya. (2)

Kini Gibran Rakabuming Raka juga memiliki bisnis lain seperti Sang Pisang, Pata Buntel, Mangkok Ku Indonesia, Goola, Sang Javas, Tugas Negara Bos!, Madhang App, Hompipa Games, Icolor, dan SKI Capital Partners. (3)

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka hadir memeriahkan ajang tahunan ?Burnout? di Sentra Niaga, Solo, Sabtu (1/9/2018). Ia tampak menunggangi sepeda motor Royal kastom 500 bergaya bobber miliknya.
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka hadir memeriahkan ajang tahunan ?Burnout? di Sentra Niaga, Solo, Sabtu (1/9/2018). Ia tampak menunggangi sepeda motor Royal kastom 500 bergaya bobber miliknya. (Kompas/Instagram @Katrosgarage)

  • Karier Politik


Pada 23 September 2019, Gibran Rakabuming Raka mendatangi Kantor DPC PDIP Kota Surakarta. 

Kunjungan Gibran Rakabuming Raka tersebut diterima oleh Ketua PAC Banjarsari, Joko Santoso.

Selain menyerahkan berkas kartu tanda anggota (KTA), Gibran Rakabuming Raka juga bermaksud menanyakan pendaftaran calon wali kota dari PDIP.

Mengenai keikutsertaan dalam Pilwalkot Solo selanjutnya, Gibran Rakabuming Raka mengaku akan mengikuti arahan dan keputusan partai.

Gibran Rakabuming Raka tidak mempersoalkan meski PDIP Kota Surakarta telah mendukung Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa di Pilwakot 2020. (4)

Meskipun belum secara resmi mengakui keikutsertaan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilwalkot Solo namun hal tersebut menjadi perbincangan warganet.

Bahkan Gibran Rakabuming Raka juga bertemu dengan petahana wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo pada 18 September 2019.

Dari hasil survei yang dilakukan oleh Universitas Slamet Riyadi (Unisri), Solo pada Juli 2019 lalu, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa calon wali kota Solo.

Bahkan popularitas Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep wakil wali kota Solo, Achmad Purnomo yang sudah menjabat dua periode, sama-sama berada di angka 90 persen.

Menanggapi hal tersebut Joko Widodo mengaku akan mendukung apapun jalan yang ditempuh kedua anaknya baik sebagai pebisnis maupun di politik. (5)

Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka saat santap siang di rumah makan Ayam Goreng Kampung Mbah Karto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 28 Juli 2019. Dalam kesempatan tersebut keduanya berkomentar soal survei Calon Wali Kota Surakarta 2020-2025.
Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka saat santap siang di rumah makan Ayam Goreng Kampung Mbah Karto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 28 Juli 2019. Dalam kesempatan tersebut keduanya berkomentar soal survei Calon Wali Kota Surakarta 2020-2025. (BPMI Setpres)

(TRIBUNNEWSWIKI/Magi)



Nama Lengakap Gibran Rakabuming Raka
Lahir Solo, 1 Oktober 1987
Profesi Pengusaha
Keluarga
Ayah Ir. H. Joko Widodo
Ibu Hj. Iriana, S.E., M.M.
Saudara Kahiyang Ayu
Kaesang Pangarep
Istri Selvi Ananda
Anak Jan Ethes Srinarendra








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved