Fuad Amin

Fuad Amin Imron adalah terpidana kasus korupsi yang juga mantan Bupati Bangkalan, Madura selama 2 periode. Fuad Amin juga masih merupakan besan wakil presiden RI ke-9, Hamzah Haz.


zoom-inlihat foto
fuad-amin.jpg
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Ketua DPRD Bangkalan, Fuad Amin Imron (berompi tahanan) memasuki gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjalani pemeriksaan, di Jakarta Selatan, Kamis (10/12/2014). Fuad ditahan KPK dalam kasus dugaan suap terkait jual beli pasokan gas alam untuk pembangkit listrik di Gresik dan Gili Timur, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Fuad Amin Imron adalah terpidana kasus korupsi yang juga mantan Bupati Bangkalan, Madura selama 2 periode. Fuad Amin juga masih merupakan besan wakil presiden RI ke-9, Hamzah Haz.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Fuad Amin Imron adalah terpidana kasus korupsi dan mantan Bupati Bangkalan, Madura selama 2 periode.

Fuad Amin juga masih merupakan besan wakil presiden RI ke-9, Hamzah Haz. (1)

Fuad Amin merupakan garis keturunan/nasab dari Syaikhona Moh. Kholil dari sang Ayah, Kiai Amin Imron. (2)

Fuad Amin divonis delapan tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Oktober 2015.

Vonis Fuad Amin kemudian diperberat menjadi 13 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada 3 Februari 2016.

Fuad Amin dinyatakan terbukti menerima suap dari Direktur PT Media Karya Sentosa Antonius Bambang Djatmiko terkait pengurusan izin tambang di Bangkalan, Jawa Timur.

Akhir Desember 2018 Fuad Amin dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Kelas 1 Surabaya karena sakit yang dideritanya.

Senin, 16 September 2019 Fuad Amin meninggal dunia di RSUD dr Soetomo Surabaya karena serangan jantung.

Fuad Amin mulai dirawat di RSUD dr Soetomo pada Sabtu (14/9/2019) setelah sebelumnya dirawat di RSUD Sidoarjo sejak Sabtu (7/9/2019).

Fuad Amin memiliki catatan penyakit jantung, paru, dan urologi atau organ saluran kemih. (3)

  • Perjalanan Karier #


Fuad Amin Imron memiliki kisah perjalanan karier politik yang kontroversional.

Meskipun memiliki keturunan Kiai besar yang memiliki pesantren di Bangkalan, Fuad Amin lebih memilih berkarier sebagai politikus.

Fuad Amin meraih puncak karier politik ketika menjabat sebagai Bupati Bangkalan selama dua periode pada 2003-2013.

Fuad Amin juga berhasil membuat jalan untuk sang anak, Makmun Ibnu Fuad sebagai Bupati Bangkalan selanjutnya.

Setelah lengser dari jabatan Bupati Bangkalan,  Fuad Amin mendaftar sebagai calon anggota legislatif dan terpilih menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan 2014-2019.

Namun karier Fuad Amin berakhir di penjara atas tuduhan korupsi dan pencucian uang. (4)

  • Tersangka Kasus Suap #


Fuad Amin terakhir melaporkan harta kekayaannya pada tahun 2008, ketika menjabat sebagai Bupati Bangkalan periode 2003-2008.

Jumlah harta kekayaan Fuad Amin dalam laporan tersebut tercatat sebesar Rp 6,37 miliar.

Nilai tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harta kekayaan Fuad Amin yang dilaporkannya pada tahun 2002 ketika menjabar sebagai anggota DPR RI yakni sebesar Rp 1,73 miliar. (5)

Surat Putusan KPK Kasus Fuad Amin
Mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron sebelum mendengarkan tuntutan jaksa penuntut umum di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi hari ini, Senin,( 28 /9/2015). Lebih 7.600 lembar suarat dakwaan yang akan dibacakan untuk Fuad Amin sebagai terdakwa kasus suap dalam jual beli gas alam di Bangkalan dan pencucian uang.

Fuad Amin ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dengan dugaan menerima suap Rp 700 juta dari Direktur PT Media Karya Sentosa, Antonio Bambang Djatmiko.

Ketetapan tersebut merupakan hasil tangkap tangan KPK terhadap Rauf sebagai messenger Fuad Amin pada 1 Desember 2014 pukul 11.30 siang. 

Fuad Imron kemudian ditangkap di kediamannya di Bangkalan, Jawa Timur,pada 2 Desember 2014 dini hari dan dibawa ke Gedung KPK sekitar pukul 09.00 WIB.

Selain mengamankan Rp 700 juta dari tangan Rauf, KPK menyita tiga koper besar berisi uang dari kediaman Fuad Amin. (6)

(TRIBUNNEWSWIKI/Magi)



Nama Lengkap Fuad Amin Imron
Profesi Politikus
Wafat Senin, 16 September 2019
   


ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved