Hari Olahraga Nasional (Haornas)

Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September oleh Bangsa Indonesia melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 tahun 1985.


zoom-inlihat foto
haornas.jpg
https://bingkaibanua.com
Logo Haornas 2019

Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September oleh Bangsa Indonesia melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 tahun 1985.




  • Sejarah #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September oleh Bangsa Indonesia melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 tahun 1985.

Hari Olahraga Nasional merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan olahraga.

Penetapan Hari Olahraga Nasional dilatarbelakangi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta, Jawa Tengah pada 9-12 September 1948. (1)

PON Pertama di Surakarta, Jawa Tengah
PON Pertama di Surakarta, Jawa Tengah (antaranews.com)

  • Tujuan Haornas #


Peringatan Hari Olahraga Nasional tidak semata-mata untuk mengenang hari kelahiran suatu organisasi ataupun pahlawan di bidang olahraga melainkan sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah di bidang olahraga yang memberikan inspirasi atau motivasi bagi seluruh Bangsa Indonesia.

Tujuan utama Hari Olahraga Nasional:

1. Komitmen seluruh insan olahraga termasuk pendidikan keolahragaan bagi pelajar karena melihat betapa penting dan strategisnya olahraga bagi kesehatan siswa untuk mencapai cita-cita SDM unggul Indonesia maju,

2. Mengingatkan kembali seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga,

3. Mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di kegiatan sehari-hari,

4. Menumbuhkan semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur, baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan dan semuanya. (1)

  • PON Pertama di Surakarta #


PON pertama diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Surakarta Jawa Tengah pada 9-12 September 1948.

Di mana pada akhirnya tanggal pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yaitu 9 September ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 tahun 1985. (1)

Pesta Olahraga ini dibuka secara resmi oleh Presiden Soekarno dan ditutup oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX selaku Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI).

PON pertama diikuti oleh peserta yang berasal dari tingkat karesidenan atau kota.

Ada 13 karesidenan atau kota yang berpartisipasi, yaitu Yogyakarta, Madiun, Magelang, Semarang, Bandung, Malang, Surakarta, Surabaya, Pati, Kedu, Banyuwangi dan Jakarta.

Surakarta menjadi juara umum PON Pertama dengan meraih 36 medali dari total 108 medali yang terdiri dari emas, perak dan perunggu.

PON pertama ini juga diikuti sekitar 600 atlet yang berkompetisi dalam beberapa cabang olahraga yaitu Bulu Tangkis, Tenis, Panahan, Renang, Basket, Atletik, Lempar Cakram dan Sepak Bola. (2)

Alasan memilih Kota Surakarta sebagai tempat penyelenggaraan adalah karena sarana olahraga di kota ini dianggap telah memenuhi persyaratan pokok.

Stadion Sriwedari yang dilengkapi lampu penerangan serta kolam renang dan berbagai fasilitas olahraga lain pada zamannya adalah termasuk yang terbaik di Indonesia.

Adapun maksud dan tujuan penyelenggaraan PON pertama ini adalah untuk menunjukkan pada dunia luar bahwa Bangsa Indonesia dalam kondisi yang baru saja mengecap kemerdekaan sanggup menggalang persatuan dan kesatuan serta tetap bersatu kokoh dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. (1)

Tak hanya itu, penyelanggaraan PON pertama ini tidak haya terkait pada prestasi olahraga dalam negeri saja, namun juga berhubungan dengan gengsi serta harkat dan martabat bangsa.

Berawal dari ditolaknya Indonesia oleh Inggris yang menjadi tuan rumah Olimpiade ke-14.

Indonesia yang kala itu baru saja merdeka dianggap belum layak mengikuti olimpiade karena belum memiliki prestasi apapun di bidang olahraga.

Namun, alasan yang sebenarnya adalah karena saat itu Inggris merupakan sekutu Belanda yang masih belum menerima kemerdekaan Indonesia.

Indonesia yang merasa tersinggung dengan penolakan Inggris kemudian menggelar konferensi darurat di Solo tahun 1948 untuk mengadakan Pekan Olahraga Nasional (PON). (2)

PON Pertama di Surakarta, Jawa Tengah
PON Pertama di Surakarta, Jawa Tengah (kompasiana.com)

  • Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-36 tahun 2019 #


Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-36 pada tahun 2019 digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (3)

Peringatan ini mengambil tema 'Ayo Olahraga #Dimanakapansaja'.

Tema ini diharapkan menjadi momentum untuk mengajak masyarakat terus berolahraga di mana saja dan kapan saja. (1)

Logo Hari Olahraga Nasional 2019
Logo Hari Olahraga Nasional 2019 (bingkaibanua.com)

(Tribunnewswiki.com/Fathul Amanah)



Peringatan Hari Olahraga Nasional
Tanggal 9 September 1948
Peraturan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 tahun 1985
   


ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved