Robert Baden-Powell

Robert Baden-Powell merupakan seorang tentara militer Inggris yang menjadi penemu gerakan Kepanduan Modern dan dijuluki sebagai Bapak Pramuka Dunia


Melia Istighfaroh

Robert Baden-Powell
instagram.com/@robert_baden_powell/
Robert Baden-Powell merupakan Bapak Pramuka Dunia 

Robert Baden-Powell merupakan seorang tentara militer Inggris yang menjadi penemu gerakan Kepanduan Modern dan dijuluki sebagai Bapak Pramuka Dunia




  • Kehidupan Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Robert Baden-Powell merupakan seorang tentara militer Inggris yang menjadi penemu gerakan Kepanduan Modern dan dijuluki sebagai Bapak Pramuka Dunia.

Robert Baden-Powell atau Baron Baden-Powell I lahir dengan nama Robert Stephenson Smyth Baden-Powell lahir pada 22 Februari 1857 di Paddington, London, Inggris dan meninggal pada 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya.

Ayah Robert Baden-Powell bernama Baden Powell yang merupakan seorang ahli matematika terkenal dan juga seorang pendeta terkemuka, sedangkan ibunya bernama Henrietta Grace Smyth.

Ayah Robert Baden-Powell meninggal ketika Robert Baden-Powell berusia tiga tahun.

Robert Baden-Powell memulai pendidikannya di Dame’s School di Kensington dan pada 1868 ia bergabung dengan Rose Hill Scool di Tunbridge Well di Kent.

Dua tahun kemudian, Robert Baden-Powell masuk ke Chaterhouse School di Surrey dan sering menyelinap keluar untuk pergi ke hutan.

Robert Baden-Powell kemudian mengikuti ujian masuk Komisi Angkatan Darat setelah dan berhasil merebut posisi kedua di kavaleri dan posisi keempat di infranteri. (1)

  • Karier


Pada 1876, Robert Baden-Powell bergabung dengan 13th Hussars di India.

Sebagai seorang perwira militer muda, Robert Baden-Powell berspesialisasi dalam kepanduan,  pembuatan peta, dan pengintaian serta melatih prajurit-prajurit lain dalam keterampilan-keterampilan penting untuk prajurit mana pun saat itu.

Setelah dari India, Robert Baden-Powell ditugaskan di Balkan, Afrika Selatan dan Malta.

Pada masa Perang Boer, Robert Baden-Powell yang baru saja dinaikkan pangkatnya menjadi colonel termuda dikepung oleh tentara Boer yang berjumlah lebih dari 8000 orang.

Pengepungan tersebut merupakan pengepungan Mafeking dan Robert Baden-Powell saat itu hanya memimpin garnisun kecil untuk menjaga wilayah kota.

Robert Baden-Powell dan anak buahnya berhasil menahan tentara Boer selama 217 hari sampai bala bantuan akhirnya tiba.

Robert Baden-Powell Kembali ke rumah pada 1903, Robert Baden-Powell mendapati dirinya telah menjadi pahlawan nasional.

Robert Baden-Powell juga menemukan bahwa buku pegangan kecil yang dia tulis untuk tentara yang berjudul ‘Aids to Scouting’, sedang digunakan oleh para organisasi pemuda dan guru di seluruh negeri untuk mengajar pengamatan dan kerajinan kayu.

Robert Baden-Powell kemudian mengadakan sebuah kamp percobaan di Pulau Brownsea, di luar Poole, Dorset, pada tahun 1907 yang diikuti oleh 22 anak laki-laki dari berbagai latar belakang.

Gerakan Pramuka kemudian berdiri tanpa sengaja di seluruh Inggris dan kemudian menyebar ke tingkat Internasional seiring dengan Boys’ Brigade’.

Buku ‘Scouting for Boys’ yang ditulis oleh Robert Baden-Powell diluncurkan pada tahun 1908.

Robert Baden-Powell pensiun dari tentara pada 1910 dengan pangkat Letnan Jenderal setelah Raja Edward VII mengusulkannya untuk mencurahkan seluruh waktunya kepada gerakan Pramuk.

Pada 1910 juga Robert Baden-Powell dan saudara perempuannya Agnes Baden-Powell (1858–1945) mendirikan Pandu Puteri (Girl Guides).

Istrinya, Olave Baden-Powell (1889–1977), juga melakukan banyak hal untuk mempromosikan Pandu Puteri.

Pada tahun 1916 Robert Baden-Powell mengorganisasi 'Wolf Cubs' di Britania Raya (dikenal sebagai Cub Scouts di Amerika Serikat) untuk anak laki-laki di bawah usia 11 tahun.

Pada Jambore Pramuka Internasional pertama di London pada 1920), Robert Baden-Powell diakui sebagai kepala pengintai dunia. (2)

  • Penghargaan


Robert Baden-Powell menerima banyak penghargaan untuk karier militernya.

Pada 1896, Robert Baden-Powell menerima Medali British South Africa Company untuk Kampanye Matabele dan juga menerima Medali Ratu Afrika Selatan pada tahun 1899 serta Medali Raja Afrika Selatan pada tahun 1902.

Robert Baden-Powell dinominasikan untuk Hadiah Nobel beberapa kali, tetapi gagal untuk menang. Kemudian Robert Baden-Powell memenangkan Wateler Peace Prize pada tahun 1937.

Robert Baden-Powell dianugerahi gelar Baronet pada tahun 1922.

Robert Baden-Powell juga diberi gelar Peerage oleh Raja George V pada tahun 1929 dan mendapatkan gelar Lord Baden-Powell dari Gilwell.

Kebetulan, Gilwell Park adalah pusat pelatihan internasional yang didirikan olehnya untuk para pemimpin Pramuka. (3) 

(TRIBUNNEWSWIKI/Ami Heppy)

Jangan lupa subscribe official Youtube channel TribunnewsWiki

 



Nama Lengkap Robert Stephenson Smyth Baden-Powell
Dikenal juga sebagai Robert Baden-Powell
Lord Baden-Powell
1st Baron Baden-Powell
Robert Stephenson Smyth Baden-Powell Baden-Powell Of Gilwell
Lahir Paddington, London, Inggris, 22 Februari 1857
Terkenal sebagai Penemu Gerakan Pramuka
Bapak Pramuka Dunia
Meninggal Nyeri, Kenya, 8 Januari 1941


Sumber :


1. www.thefamouspeople.com
2. www.scout.org
3. www.biografiku.com


Editor: Melia Istighfaroh






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved