Suzuki Jimny Generasi Keempat (2019)

Suzuki Jimny generasi keempat sudah resmi diluncurkan di ajang Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE, BSD, Tangerang pada Kamis (18/7/2019).


zoom-inlihat foto
suzuki-jimny.jpg
Kompas
Suzuki Jimny di GIIAS 2019

Suzuki Jimny generasi keempat sudah resmi diluncurkan di ajang Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE, BSD, Tangerang pada Kamis (18/7/2019).




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Suzuki Jimny generasi keempat sudah resmi diluncurkan di ajang Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE, BSD, Tangerang pada Kamis (18/7/2019).

Mobil Suzuki Jimny generasi keempat ini diproduksi dan diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Suzuki Jumy sendiri merupakan mobil yang cukup legendaris di Indonesia.

Sejak diluncurkan generasi pertamanya pada 1979, sampai saat ini Suzuki Jimny sudah terjual 130.334 unit. (1)

Kehadiran Suzuki Jimny generasi keempat mendapat animo masyarakat yang cukup tinggi.

Banyak yang bilang bahwa Suzuki Jimny generasi keempat ini merupakan produk nostalgia.

Angka pemesanan Suzuki Jimny generasi keempat juga cukup tinggi, membuat antrean inden mengular hingga 2020 mendatang.

Suzuki Jimny memang memiliki nama besar di tengah masyarakat Indonesia.

Sejak generasi pertama, Suzuki Jimny sudah dikenal sebagai mobil yang memiliki kemampuan off-road.

Menariknya, desain kotak yang sederhana justru mampu menjadi sebuah ikon tersendiri bagi para penggemarnya hinga sekarang. (2)

Baca: Renault Triber

Baca: Honda PCX

Suzuki Jimny 1
SUZUKI Jimny generasi keempat resmi mengaspal di Indonesia di ajang GIIAS 2019 (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

  • Spesifikasi


Suzuki Jimny generasi keempat merupakan mobil jenis SUV dengan dimensi panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.729 mm.

Suzuky Jimny generasi keempat ini juga memiliki ground clearance 210 mm dan radius putaran hingga 4,890 m untuk memudahkan pengemudi bermanuver.

Untuk meredam guncangan saat berkendara, Suzuki Jimny generasi keempat dilengkapi dengan suspense 3 link rigid axle yang dilengkapi coil spring serta disangga struktur rangka ladder frame.

Lebih lanjut, untuk mendukung dalam menjelajahi medan menanjak atau menurun, Suzuki Jiny generasi keempat ini memiliki fitur Hill Hold Control dan Hill Descent Control yang berfungsi agar mobil tidak meluncur.

Dari sisi keamanan berkendara, Suzuki Jimny generasi keempat dilengkapi tiga titik ELR seatbelt, SRS Dual Airbag dan Immobilizer yang mengurangi risiko pencurian.

Dibandingkan generasi sebelumnya, Suzuki Jimny generasi keempat ini memiliki desain lebih modern dan berkarakter, meski secara keseluruhan modelnya mengadopsi dari Suzuki Jimny tiga generasi sebelumnya.

Lampu depan Suzuki Jimny didesain bulat dan sudah menggunakan LED serta fog lamp yang menyerupai tampilan Suzuki Jimny generasi pertama, yaitu LJ80.

Suzuki Jimny 2
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 (Kompas)

Selain memberikan penerangan lebih optimal, tampilan klasik pun diperoleh ketika disandingkan dengan gril yang ikonik menyerupai generasi ketiganya, JB77.

Sedangkan guratan dua garis horizontal pada kap mesin mengambil model SJ410 yang merupakan generasi kedua Suzuki Jimny.

Sementara untuk mesin, Suzuki Jimny generasi keempat menggunakan mesin K15B dengan tenaga 102 ps per 6.000 rpm dan torsi 130 NM per 4000 rpm.

Ada dua pilihan transmisi Suzuki Jimny generasi keempat ini, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan automatic 4 percepatan dengan sistem penggerak 4 wheel drive. (3)

Mesin 1.462 cc milik Suzuki Jimny generasi keempat ini memiliki kapasitas bahan bakar sebesar 40 liter.

Mobil ini memiliki berat total mencapai 1.435 kilogram.

Suzuki Jimny 4
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 (Kompas)

Adapun kapasitas Suzuki Jimny generasi keempat ini adalah empat orang. (4)

Mesin Suzuki Jimny geneasi keempat ini juga menawarkan kamampuan off-road mutakhir untuk menghadapi dan mengeksplorasi tantangan dengan mode kendaraan 2H, 4H, dan 4L.

Saat menjelajahi medan menanjak atau menurun, fitur Hill Hold Control dan Hill Descent Control bisa digunakan untuk menjaga kendaraan agar tidak meluncur.

Di samping itu, terdapat juga 3 Points ELR Seatbelt yang mengencang secara otomatis dan menahan tubuh jika terjadi hentakan keras.

AC Auto Climate yang dilengkapi heater, ISOFIX, SRS Dual Airbag, dan Immobilizer yang mengurangi risiko pencurian tetap menjadi fitur standar keamanan Suzuki yang juga diterapkan pada Jimny generasi keempat.

Perpaduan teknologi, fungsi, dan tampilan berkelas di Jimny generasi keempat, membuat mobil ini menerima dua penghargaan dari ajang World Cars Awards untuk kategori 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year. (5)

Sedangkan untuk varian warna, Suzuki Jimny generasi keempat ini memiliki dua varian warna, yaitu single tone dan dual tone.

Single tone terdiri atas lima warna, diantaranya Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Gray, Bluish Black Pearl 3, serta Jungle Green.

Sementara untuk dual tone hadir dengan varian Kinetic Yellow + Bluish Black Pearl 3, Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3, serta  Chiffon Ivory Mettalic + Bluish Black Pearl 3. (6)

Suzuki Jimny 5
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 (Kompas)

  • Harga


Harga mobil Suzuki Jimny generasi keempat ini dibagi menjadi empat varian.

Pertama untuk jenis single tone MT dibanderol dengan harga Rp 315,5 juta, sedangkan untuk jenis two tone MT dibanderol seharga Rp 317,5 juta.

Untuk jenis single tone AT, Suzuki Jimny generasi keempat ini dijual dengan harga Rp 328 juta, sedangkan untuk jenis two tone AT dibanderol dengan harga Rp 330 juta. (7)

*Update informasi terakhir pada 22 Juli 2019

(TribunnewsWIKI/Widi Hermawan)

Jangan lupa subscribe kanal Youtube TribunnewsWIKI Official



Nama Suzuki Jimny
Kategori Kendaraan (Mobil)
Produksi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)
Rilis 18 Juli 2019 di GIIAS 2019
Situs https://www.suzuki.co.id/








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved