GAIKINDO

Gaikindo adalah sebuah organisasi penggagas pameran otomotif internasional terbesar di Indonesia yang dikenal dengan nama GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show).


zoom-inlihat foto
gaikindo.jpg
gaikindo.or.id
Logo Gaikindo

Gaikindo adalah sebuah organisasi penggagas pameran otomotif internasional terbesar di Indonesia yang dikenal dengan nama GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show).




  • Profil Singkat #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) adalah sebuah organisasi nirlaba.

Semua anggota Gaikindo adalah perusahaan agen pemegang merek (APM) yang terdiri dari produsen kendaraan bermotor , distributor kendaraan bermotor, serta pembuat komponen utama kendaraan bermotor.

Gaikindo berdiri sejak 1969, mengemban peran ke dalam negeri dan peran internasional.

Di dalam negeri, Gaikindo memfasilitasi para anggota dalam kaitannya dengan kebijakan-kebijakan pemerintah menyangkut industri otomotif.

Antara lain kebijakan industri dan perdagangan, energi, perpajakan, standar keselamatan, pemanfaatan teknologi serta lingkungan.

Untuk sektor luar negeri, Gaikindo menjadi mitra bagi asosiasi-asosiasi industri otomotif di berbagai negara.

Terutama dengan asosiasi di negara-negara yang menjadikan industri otomotif sebagai tulang punggung ekonomi dan khususnya negara para prinsipal yang produknya masuk pasar otomotif Indonesia.

Gaikindo ikut mendorong perkembangan industri yang mengarah pada produksi mobil ramah lingkungan (green car).

Hal ini sesuai dengan tren internasional yang menuntut kendaraan bermotor memenuhi berbagai syarat untuk menghadapi tantangan ekologis.

Untuk mempromosikan produk yang mengedepankan teknologi green car tersebut, Gaikindo menyelenggarakan pameran otomotif berskala internasional tiap tahun, Gaikindo Indonesia International Auto Show  (GIIAS).

Acara ini dibarengi dengan Indonesia International Automotive Conference (IIAC) sebagai arena untuk tukar informasi antara Pemerintah Indonesia, pelaku industri otomotif nasional dan internasional.

Pameran otomotif juga bertujuan untuk mensosialisasikan perkembangan teknologi otomotif dunia, di samping peran tersebut, Gaikindo juga mendorong industri otomotif nasional untuk turut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial-kemanusiaan. (1)

Baca: Pansel KPK

gaikindo000
Gaikindo Auto Expo 2000 (gaikindo.or.id)

  • Sejarah #


Asosiasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia dibentuk pada tahun 1969.

Saai itu, organisasi ini bertujuan untuk menjadi organisasi kelas dunia, profesional dan independen yang memainkan peran sebagai mitra pemerintah dalam mengembangkan industri kendaraan bermotor nasional yang sanggup berkompetisi di pasar internasional.

Tahun 1969 dibentuklah Gabungan Agen Tunggal Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) dan Gabungan Assembling Automobile (GAM).

Tahun 1975 Gakindo dan GAM beraliansi menjadi Gabungan Agen Tunggal dan Asembling Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaakindo).

Tahun 1985 Gaakindo berkembang bersama pertumbuhan industri kendaraan bermotor nasional dan berubah menjadi Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo)

Pada awalnya Gaikindo terdiri dari 37 anggota dari kalangan agen tunggal, perakitan dan industri suku cadang. (1)

Baca: BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Baca: Kementerian Agama Republik Indonesia

gaikindpoossk
Gaikindo Auto Expo 2005 (gaikindo.or.id)

Kegiatan

  1. Mendorong anggota untuk terus meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia.
  2. Memberikan advokasi dan fasilitasi bagi para anggota dalam berkomunikasi dengan Pemerintah berkaitan dengan kebijakan tentang perdagangan, industri, keuangan, dan peraturan teknis (technical regulation), serta lingkungan.
  3. Mendorong para anggota mengembangkan produk yang mengaplikasikan proses material, dan teknologi terkini yang mengedepankan faktor keselamatan, hemat energi, dan ramah lingkungan.
  4. Mempromosikan industri otomotif nasional melalui kerjasama dengan parapihak dan mitra di dalam serta luar negeri.
  5. Memacu kinerja industri dan pasar otomotif domestik melalui pameran dan konferensi bertaraf internasional. (1)

Baca: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

  • GIIAS #


Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif terbesar di Indonesia.

Pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gaikindo ini sudah berlangsung sejak tahun 1986.

Pameran otomotif Gaikindo awalnya bernama ‘Pameran Mobil Gaikindo’.

Pertama kali diselenggarakan, pameran ini diikuti oleh 13 member Gaikindo pada saat itu.

Kala itu, Pameran Mobil Gaikindo menjadi pameran otomotif terbesar di Indonesia.

Namun pada 1990 Pameran Mobil Gaikindo terbentur kebijakan pemerintah yang mengakibatkan pameran tersebut harus absen selama dua tahun.

Di akhir era 80an, Pameran Mobil Gaikindo berganti nama menjadi Jakarta Auto Expo dan kembali dilaksanakan tahun 1996.

Pada tahun 2000, Jakarta Auto Expo berubah nama menjadi GAIKINDO Auto Expo setelah absen selama lebih dari tiga tahun dikarenakan krisis moneter yang melanda Asia Tenggara. 

Di tahun 2003 tepatnya pada tanggal 19-27 Juli 2003, GAIKINDO Auto Expo ke-12 dilaksanakan di area seluas 35.000 meter persegi di Jakarta Convention Center yang diikuti oleh 150 perusahaan otomotif. 

Tahun 2006 menjadi tahun pencapaian tertinggi karena Gaikindo Auto Expo resmi bergelar Internasional yang diberikan oleh OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles), sebuah asosiasi yang menaungi industry otomotif dunia dan berubah nama menjadi IIMS (Indonesia International Motor Show).

Di tahun 2009 pameran ini berpindah tempat ke lokasi yang lebih luas yaitu Jakarta International Expo Kemayoran dan menempati area seluas 60000 meter persegi.

Puncaknya, di tahun 2014, area seluas 80.000 meter persegi baik indoor dan outdoor digunakan untuk memenuhi hasrat otomotif masyarakat Indonesia.

Resmi berubah nama menjadi GAIKINDO Indonesia International Auto Show, pada tanggal 20 - 30 Agustus 2015, ajang pameran yang hingga kini biasa disebut GIIAS mengubah venue mereka di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD.

Total sebanyak 34 mobil dari 23 APM turut berpartisipasi di gelaran bertaraf internasional tersebut.

Tidak hanya diselenggarakan di Jakarta saja, GIIAS juga diselenggarakan di kota-kota besar seperti Makasar dan Surabaya dan mencetak rekor dengan pengunjung terbanyak, sekitar 500.000 pengunjung.

Dua tahun menjadi ajang terbesar pameran otomotif di Indonesia, GIIAS akhirnya mendapatkan dukungan penuh dari OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles) untuk menjadi salah satu rangkaian series pameran otomotif yang diakui di dunia bersama NAIAS Detroit Auto Show, IAA Frankfurt Auto Show, Geneva Motor Show, Auto China Beijing, dan Tokyo Motor Show.

Tahun 2017 GIIAS mengusung tema yang memperkenalkan teknologi otomotif masa depan.

GIIAS ke-25 sukses menjadi rumah bagi 47 mobil baru yang diperkenalkan, tiga mobil di antaranya merupakan debut pertama di dunia dan berhasil membawa mobil-mobil konsep masa depan. (2)

GIIAS 2017
Infografis hasil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Niken)

Jangan lupa subscribe channel YouTube TribunnewsWIKI Official ya!



Nama Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo)
Kategori Organisasi Nirlaba
Tahun Berdiri 1969
Ketua Yohannes Nangoi (2019-2022)
   


ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved