Prambanan Jazz Festival

Prambanan Jazz Festival merupakan perhelatan musik jazz internasional yang diselenggarakan rutin setiap tahun di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta


Prambanan Jazz Festival
(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Grup Band Shakatak tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (18/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta. 

Prambanan Jazz Festival merupakan perhelatan musik jazz internasional yang diselenggarakan rutin setiap tahun di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta




TRIBUNNEWSWIKI.COM - Prambanan Jazz Festival merupakan perhelatan musik jazz berskala internasional yang diselenggarakan rutin setiap tahun di pelataran Candi Prambanan, Jln Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Prambanan Jazz Festival pertama kali digelar pada 16 Oktober 2015 dan terus digelar secara rutin setiap tahun.

Prambanan Jazz Festival diinisiasi oleh Anas Syahrul Alimi dan Bakkar Wibowo yang kemudian keduanya menjadi founder dan co-founder.

Anas yang juga menjabat sebagai CEO Rajawali Indonesia Communication sudah sangat berpengalaman dalam mengadakan berbagai konser di Indonesia.

Sedangkan Bakkar Wibowo, seorang desainer visual sekaligus penggila konser music dan festival internasional berperan sebagai project director.

Gelaran Prambanan Jazz Festival ini dimaksudkan sebagai bentuk sinergi jangka panjang untuk mengenalkan pariwisata Indonesia, khususnya Candi Prambanan dan sekitarnya kepada dunia internasional.

Prambanan Jazz Festival juga berujuan untuk menjadi alternatif konser musik yang menampilkan kearifan budaya lokal ke kancah global.

Setiap tahun, pengisi acara yang tampil merupakan perpaduan antara musisi dalam negeri dengan musisi internasional. (1)

Prambanan Jazz Festival 2017 2
Suasana penonton di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (18/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta. (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

  • Prambanan Jazz Festival 2015


Prambanan Jazz Festival 2015 merupakan gelaran pertama konser music jazz berskala internasional.

Prambanan Jazz Festival 2015 digelar pada 16 Oktober 2015 di pelataran Candi Prambanan.

Beberapa musisi dalam negeri seperti Isyana Sarasvati, Tompi, Trisum (Tohpati, Dewa Budjana, Baladewa) serta Nano Tirta & Friends turut memeriahkan Prambanan Jazz Festival pertama ini.

Adapun bintang tamu utama dalam Prambanan Jazz Festival 2015 yaitu Kenneth Bruce Gorelick atau yang lebih dikenal dengan Kenny G, seorang maestro saksofon asal Amerika Serikat.

Kenny G pernah mencatatkan namanya di buku rekor dunia sebagai musisi yang meniup saksofon dengan durasi terlama di dunia.

Selain merilis beberapa album solo, Kenny G juga pernah berkolaborasi dengan berbagai artis ternama seperti Andrea Bocelli, Whitney Houston, Peabo Bryson, Aaron Neville, Toni Braxton, DJ Jazzy Jeff & The Fresh Prince, Natalie Cole, Steve Miller, Weezer, Dudley Moore, Lee Ritenour, The Rippingtones, Michael Bolton, Celine Dion, Frank Sinatra, Smokey Robinson, Bebel Gilberto, George Benson, Chante Moore dan Aretha Franklin.

Panitia menyiapkan 10.000 tiket untuk konser ini.

Ada beberapa kelas tiket dengan harga yang berbeda-beda, tikek kelas festival dijual dengan harga Rp 150 ribu, gold Rp 600 ribu, platinum Rp 1 juta, serta kelas diamond dijual via telepon. (2)

  • Prambanan Jazz Festival #2 (2016)


Prambanan Jazz Festival yang kedua dilaksanakan selama dua hari pada 20 dan 21 Agustus 2016 dengan tema 'Today is the Big Way'.

Perbedaan yang peling mencolok dengan Prambanan Jazz Festival tahun sebelumnya adalah adanya dua stage atau panggung besar, yakni venue Brahma dan venue Wisnu.

Venue Brahma digunakan sebagai panggung special show, sedangkan venue Wisnu digunakan untuk festival show.

Dalam Prambanan Jazz Festival 2016 juga ada expo dan food bazar, sehingga pengunjung dapat bersantai menikmati sunset matahari dan panorama di Candi Prambanan sembari dimanjakan alunan musik jazz.

Bintang tamu utama dalam Prambanan Jazz Festival 2016 adalah Boys II Men, peraih Grammy Award dan American Music Award (AMA).

Boys II Men tampil di panggung special show pada 20 Agustus 2016.

Selain itu, ada hadir juga musisi jazz berkelas dunia asal Australia, Rick Price.

Musisi-musisi dalam negeri tidak ketinggalan, setidaknya ada 15 musisi baik solo maupun grup yang tampil dalam Prambanan Jazz Festival 2016.

Musisi-musisi dalam negeri tersebut diantaranya Doctor & The Professor feat. Sruti, Everyday, Glenn Fredly, Kahitna, Krakatau Reunion, Marcell Siahaan, MLD Jazz Project, Mocca, Raisa, Rio Febrian, Shaggydog, Trio Lestari, Tulus, serta Yura Yunita.

Tiket masuk Prambanan Jazz Festival untuk kelas festival selama satu hari adalah Rp 200 ribu, sedangkan untuk kelas festival dua hari Rp 300 ribu.

Untuk tiket special show hari pertama, kelas platinum dijual Rp 1,5 juta, gold Rp 750 ribu, dan silver Rp 400 ribu.

Sedangkan tiket special show hari kedua untuk kelas platinum dijual Rp 800 ribu, gold Rp 500 ribu, serta silver Rp 250 ribu. (3)

Prambanan Jazz Festival 2016
Penyanyi Australia Rick Price tampil di panggung Prambanan Jazz 2016 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (20/8/2016) malam.(KOMPAS.COM/YULIANUS FEBRIARKO)

  • Prambanan Jazz Festival #3 (2017)


Prambanan Jazz Festival tahun ketiga diselenggarakan selama tiga hari pada 18, 19, dan 20 Agustus 2017.

Hari pertama, Prambanan Jazz Festival mengusung konsep 90’s Momment yang dimeriahkan oleh para musisi yang popular pada tahun 90-an.

Beberapa musisi yang tampil di hari pertama ini diantaranya Andre Hehanusa, Katon Bagaskara, T-Five, Base jam, Emerald, Lingua, Ada Band, The Groove, Ipang, Shakey, /Rif, serta beberapa musisi lainnya.

Bintang tamu utama dalam Prambanan Jazz Festival 2017 adalah Sarah Brightman, peraih nominasi Grammy Award serta 200 penghargaan platinum dan emas di lebih 40 negara.

Ada juga band fenomenal, Shakatak yang telah merilis lebih dari 35 album sepanjang kariernya.

Ada juga beberapa musisi dalam negeri lain yang tampil dalam Prambanan Jazz Festival seperti Kahitna, KLA Project, Tompi, Yovie Nuno, Syahrini, Sandy Sandoro, Saxx in the City, Yura Yunita, Shaggydog, Marcell Siahaan, Rio Febrian, Kunto Aji, Payung Teduh, serta masih ada banyak musisi lainnya.

Total ada 38 musisi baik dari dalam maupun luar negeri yang tampil dalam Prambanan Jazz Festival 2017 tersebut.

Prambanan Jazz Festival 2017 mengusung tema Art, Music & Culture yang bermakna menggabungkan dua mahakarya yakni Candi Prambanan dan mahakarya musik.

Sama seperti tahun sebelumnya, Prambanan Jazz Festival 2017 juga ada dua panggung yakni panggung Hanoman di area lapangan Brahma sebagai tempat special show dan panggung Rorojongrang di lapangan Wisnu sebagai tempat festival show.

Prambanan Jazz Festival 2017 juga menampilkan wisata kuliner Pasar Kangen di area panggung festival. (4)

Prambanan Jazz Festival 2017 3
Shane Filan tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (18/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta. (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Untuk harga tiket festival selama sehari dijual seharga Rp 250 ribu, sedangkan tiket kelas festival selama tiga hari penuh dijual Rp 600 ribu.

Kelas silver hari pertama dan ketiga dijual Rp 550 ribu, sedangkan tiket silver hari kedua dijual Rp 650 ribu.

Kelas gold untuk hari pertama dan ketiga dijual dengan harga Rp 750 ribu, sedangkan tiket kelas gold hari kedua dijual Rp 1 juta.

Tiket kelas platinum untuk hari pertama dan ketiga dijual Rp 1 juta, sedangkan untuk hari kedua dijual Rp 1,75 juta.

Ada juga tiket untuk kelas diamond dijual dengan harga Rp 2,75 juta. (5)

Baca: Art Jog

Baca: Soundrenaline

  • Prambanan Jazz Festival #4 (2018)


Prambanan Jazz Festival keempat digelar selama tiga hari pada 17, 18, dan 19 Agustus 2018 dengan tema Art, Experience, dan Masterpiece.

Yang paling membedakan Prambanan Jazz Festival keempat dengan tahun-tahun sebelumnya adalah lebih banyaknya musisi dunia maupun dalam negeri beraliran jazz yang tampil dalam konser tersebut.

Total ada 29 bintang tamu dari dalam dan luar negeri, baik musisi solo maupun grup yang tampil dalam Prambanan Jazz Festival 2018.

Beberapa musisi dalam negeri yang tampil diantaranya Idang Rasidi, Indra Lesmana, Syaharani, Monita Tahalea, Fariz RM, Tohpati, Abdul and the Coffee Theory, Barasuara, Dewa 19 feat Ari Lasso, GIGI, Glen Fredly, Jikustik, Kahitna, Rio Febrian, Tompi, Tulus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Diana Krall, musisi jazz asal Kanada peraih dua penghargaan Grammy Award menjadi bintang tamu utama dalam Prambanan Jazz Festival 2018.

Sama dengan tahun sebelumnya, Prambanan Jazz Festival 2018 juga masih memakai dua buah panggung dan masih menyuguhkan Pasar Kangen sebagai bentuk promosi kebudayaan lokal Yogyakarta.

Prambanan Jazz Festival 2019 ditutup dengan penampilan Dewa 19 dan Boyzone yang khusus membuat reuni untuk tur dunia terakhir mereka.

Tiket reguler daily pass special show dijual seharga Rp 300 ribu dan tiket 3 days pass dijual dengan harga Rp 750 ribu.

Sementara itu, tiket special show hari pertama Rp 400 ribu sampai Rp 1,25 juta sedangkan tiket hari kedua dijual antara Rp 750 ribu sampai Rp 5 juta.

Sedangkan special show hari ketiga dijual mulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 2,5 juta. (6)

Prambanan Jazz Festival keempat ini terbilang sukses, lebih dari 42 ribu tiket ludes terjual. (7)

Prambanan Jazz Festival 2018
Penampilan Boyzone di panggung Prambanan Jazz Festival, Minggu (19/8/2018) malam. (KOMPAS.com/IKA FITRIANA )

  • Prambanan Jazz Festival #5 (2019)


Prambanan Jazz Festival kelima akan dilaksanakan selama tiga hari pada 5, 6, dan 7 Juli 2019 dengan tema Music, Heritage,  Extraordinary.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Prambanan Jazz Festival 2019 juga akan dilaksanakan dalam dua panggung.

Prambanan Jazz Festival 2019 ini menampilkan para musisi jazz yang lebih milenial.

Ada beberapa bintang tamu utama, diantaranya Calum Scott, Yanni, Brian McKnight, Arturo Sandoval, dan Anggun C. Sasmi.

Prambanan Jazz Festival ini juga akan dimeriahkan oleh banyak musisi dalam negeri seperti Tashoora, GAC, Ardhito Pramono, Abby Galabby, Danilla Riyadi, Sisitipsi, PJF Project, Calvin Jeremy, Yura Yunita, Jogja Hip Hop Foundation Jazz Version, Maliq D’Essentials, Rida Sita Dewi, Saxx In The City, Pusakata, Yovie & His Friends (Mario Ginanjar, Dudy Oris, Arsy Widianto, Brisia Jodie, 5 Romeo), Andien, Glenn Fredly, Tulus, Bali Lounge (Tompi, Lewis Pragasam, Rick Smith, Hari Toledo & Yongki), dan Ari Lasso. (8)

Poster Prambanan Jazz 2019
Poster Prambanan Jazz 2019 (prambananjazz.com)

Harga tiket adalah Daily Pass Rp250 ribu per hari dan tiket terusan selama tiga hari dijual dengan harga Rp 600 ribu (exclude special show).

Tiket Daily Pass Rp 250 ribu (all festival show), hari kedua untuk kelas diamond Rp 6 juta, platinum Rp 3 juta, gold Rp 2 juta, serta silver Rp 1 juta.

Tiket hari ketiga kelas diamond Rp 3,5 juta, platinum Rp 2,5 juta, gold Rp 1,5 juta, dan silver Rp 750 ribu. (9)

(TribunnewsWIKI/Widi Hermawan)

Jangan lupa subscribe channel Youtube TribunnewsWIKI Official



Nama Prambanan Jazz Festival
Situs dan Media Sosial
Situs Official www.prambananjazz.com
Akun Facebook @prambananjazz
Akun Instagram @prambananjazz
Akun Twitter @PrambananJazz


Sumber :


1. prambananjazz.com
2. rajawaliindonesia.com
3. www.tribunnews.com
4. entertainment.kompas.com
5. phinemo.com
6. kompas.id
7. entertainment.kompas.com
8. entertainment.kompas.com
9. biz.kompas.com


Penulis: Widi Pradana Riswan Hermawan
Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved