Mayor Inf. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc.,MPA,

Agus Harimurti Yudhoyono merupakan anak sulung dari mantan presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Nama Agus Harimurti Yudhoyono semakin dikenal publik ketika Agus Harimurti Yudhoyono mencalonkan diri dalam Pilkada Gubernur DKI Jakart


zoom-inlihat foto
agus-harimurti-yudhoyono.jpg
tribunnews.com
Agus Yudhoyono menggelar konfrensi pers mengenai hari Sumpah Pemuda di Restoran Bunga Rampai, Jl. Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2016)

Agus Harimurti Yudhoyono merupakan anak sulung dari mantan presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Nama Agus Harimurti Yudhoyono semakin dikenal publik ketika Agus Harimurti Yudhoyono mencalonkan diri dalam Pilkada Gubernur DKI Jakart




  • Profil


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Agus Harimurti Yudhoyono merupakan anak sulung dari mantan presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Nama Agus Harimurti Yudhoyono semakin dikenal publik ketika Agus Harimurti Yudhoyono mencalonkan diri dalam Pilkada Gubernur DKI Jakarta 2017.

Agus Harimurti Yudhoyono yang akrab disapa AHY menjadi calon gubernur DKI Jakarta dipasangkan dengan Sylvia Murni.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tersebut mendapatkan 17,05 persen suara dan gagal menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada DKI Jakarata 2017.

Agus Harimurti Yudhoyono sempat menghebohkan masyarakat Indonesia karena memutuskan untuk meninggalkan karier militernya di usia muda dan memilih terjun di dunia politik.

Agus Harimurti Yudhoyono menjadi salah satu pendiri Universitas Pertahanan Indonesia dan penggagas berdirinya Peacekeeping Center Indonesia.

Selama masa pendidikannya, Agus Harimurti Yudhoyono sering mendapatkan predikat lulusan terbaik atas prestasi yang ditorehkannya.

Baca: TRIBUNNEWSWIKI: Muhammad Yamin

Baca: TRIBUNNEWSWIKI: Ani Yudhoyono

  • Masa Kecil


Agus Harimurti Yudhoyono menghabiskan masa kecilnya berpindah-pindah tempat tinggal karena mengikuti penugasan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono.

Agus Harimurti Yudhoyono menjalani masa pendidikannya di Bandung, Timor Timur, Jakarta, hingga Amerika Serikat.

Agus Harimurti Yudhoyono menghabiskan masa sekolah dasarnya di SD Kuntum Wijaya Kusuma, Kramatjati, Jakarta Timur dan dinyatakan lulus pada 1990.

Sebelumnya, Agus Harimurti Yudhoyono sempat bersekolah di Bandung pada 1984, namun harus pindah ke Timor Timur karena Susilo Bambang Yudhoyono ditugaskan di Timor Timur.

Setelah beberapa saat di Timor Timur, Agus Harimurti Yudhoyono kembali pindah di Jakarta dan melanjutkan sekolahnya di sana.

Kemudian melanjutkan pendidikan tingkat pertama di SMP Negeri 20 Kramatjati, Jakarta Timur dan lulus pada 1994.

Setelah lulus dari sekolah menengah atas di Magelang, Agus Harimurti Yudhoyono melanjutkan pendidikannya di bidang militer.

Baca: TRIBUNNEWSWIKI: Prof. Mr. Dr. R. Supomo

Baca: TRIBUNNEWSWIKI: Panitia Sembilan

  • Riwayat Karier


Saat berada di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Agus Harimurti Yudhoyono dinobatkan sebagai lulusan terbaik dan mendapatkan penghargaan Tri Saktiwiratama dan Adhi Makayasa pada tahun 2000.

Pada 2002, setelah lulus dari sekolah kecabangan Infanteri sebagai lulusan terbaik, Agus Harimurti Yudhoyono masuk Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Awal karier Agus Harimurti Yudhoyono di dunia militer dengan menjadi Komandan Peleton Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak, jajaran Brigif Linud 17 Kostrad.

Setelah itu Agus Harimurti Yudhoyono dikirim ke Aceh guna menyelesaikan kasus pemberontakan Aceh pada 2002.

Kembali dari Aceh, Agus Harimurti Yudhoyono mengikuti Kursus Pasiops di Pusat Pendidikan Infanteri Pusat Kesenjataan Infanteri Bandung dan meraih predikat lulusan terbaik.

Pada 2005, Agus Harimurti Yudhoyono melanjutkan pendidikan masternya di Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura.

Di tahun yang sama, Agus Harimurti Yudhoyono menikahi seorang aktris bernama Anisa Larasati Pohan dan dikaruniai putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Pada 2006, Agus Harimurti Yudhoyono pernah ditugaskan sebagai pasukan penjaga perdamaian Kontingen Garuda XXIII-A di Lebanon.

Kemudian pada 2008 Agus Harimurti Yudhoyono ditugaskan untuk membantu Kementerian Pertahanan merealisasikan pendirian Universitas Pertahanan Indonesia yang merupakan gagasan mantan presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Tugas Agus Harimurti Yudhoyono di Kementerian Pertahanan adalah sebagai Kepala Seksi Amerika di Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan.

Setelah menyelesaikan studinya di Sekolah Lanjutan Perwira di Fort Benning, Amerika Serikat, Agus Harimurti Yudhoyono ditugaskan menjadi Kepala Seksi 2 Operasi di Satuan elit Kostrad, Brigade Infanteri Lintas Udara 17.

Baca: TRIBUNNEWSWIKI: K.H. Abdul Wahid Hasyim

Baca: TRIBUNNEWSWIKI: Gedung Pancasila

Pada Juni 2014, Agus Harimurti Yudhoyono kembali ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studinya di Sekolah Staff Komando Angkatan Darat (Seskoad).

Setelah lulus, Agus Harimurti Yudhoyono diangkat menjadi Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning.

Agus Harimurti Yudhoyono memutuskan meninggalkan kariernya dalam dunia militer saat Agus Harimurti Yudhoyono menjadi calon Gubernur DKI Jakarta.

Keputusan Agus Harimurti Yudhoyono untuk meninggalkan kariernya di dunia militer ini sempat mengejutkan masyarakat Indonesia.

Agus Harimurti Yudhoyono diusung oleh Demokrat bersama PPP, PKB, dan PAN sebagai calon Gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2017 pada September 2016.

Agus Harimurti Yudhoyono dipasangkan dengan Sylviana Murni.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni pada Pilkada DKI Jakarta 2017 mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di DPP Demokrat, Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2016).
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni pada Pilkada DKI Jakarta 2017 mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di DPP Demokrat, Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2016). (Tribunnews/Jeprima)

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tersebut mendapatkan 17,05 persen suara dan gagal menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada DKI Jakarata 2017.

Setelah rehat dari dunia militer, Agus Harimurti Yudhoyono lebih memilih menggeluti dunia politik.

Pada 2017, Agus Harimurti Yudhoyono meresmikan lembaga yang dipimpinnya, The Yudhoyono Institute di Djakarta Theatre pada 10 Agustus 2017.

Agus Harimurti Yudhoyono menggelar konfrensi pers mengenai hari Sumpah Pemuda di Restoran Bunga Rampai, Jl. Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2016).
Agus Harimurti Yudhoyono menggelar konfrensi pers mengenai hari Sumpah Pemuda di Restoran Bunga Rampai, Jl. Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2016). (TRIBUNNEWS.COM/LENDY)

Agus Harimurti Yudhoyono menjabat sebagai Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institue.

Tujuan dari didirikannya The Yudhoyono Institute adalah menyiapkan kader-kader pemimpin bangsa yang unggul di masa depan dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Selain itu Agus Harimurti Yudhoyono juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Strategi.

Agus Harimurti Yudhoyono menjadi Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat untuk Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019.

  • Pekerjaan


- Komandan Peleton, Perwira Seksi Operasi, dan Komandan Kompi di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305 Kostrad

- Komandan Tim Khusus dalam Operasi Pemulihan Keamanan Aceh (2002)

- Komandan Kompi Terbaik di Jajaran Brigade Infanteri Lintas Udara 17 KOSTRAD (2007)

- Master of Science in Strategic Studies, Nanyang Technological University, Singapura.

- Perwira Seksi Operasi pada Operasi Pemeliharaan Perdamaian PBB di Lebanon Selatan (2006-2007)

- Salah satu pendiri Universitas Pertahanan Indonesia

- Salah satu penggagas berdirinya Peacekeeping Center Indonesia

- Master of Public Administration, Harvard University, Amerika Serikat

- Lulusan terbaik Army Advanced Officer School, Fort Benning, Amerika Serikat. (2011)

- Kepala Seksi Operasi Brigade Infanteri Lintas Udara Kostrad

- Dosen Universitas Pertahanan Indonesia

- Master of Arts in Leadership and Management, Webster University, Amerika Serikat.

- Salah satu lulusan terbaik U.S. Army Command and General Staff College, Fort Leavenworth, Amerika Serikat

- Komandan Batalyon Infanteri Yonif Mekanis 203, Satuan Pengamanan Ibu Kota Jakarta

- Founder, Komunitas lari, Garuda Finisher

- Founder, aksi sosial, AHY Foundation

- Direktur Eksekutif the Yudhoyono Institute

- Komandan Kogasma Partai Demokrat

  • Penghargaan


- Medali Garuda Trisakti Tarunatama

- Pedang Tri Sakti Wiratama dan medali Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akmil

- Satya Lencana Kesetiaan 8 tahun

- Satya Lencana Dharma Nusa

- Satya Lencana Santi Dharma

- Medali PBB, Medali Penghargaan dari pemerintah dan Angkatan Bersenjata Lebanon

- Medali Kepeloporan

- Medali penghargaan Distinguished Honor Graduate dari Angkatan Darat Amerika Serikat

- Commandant’s List of the Maneuver Captain Career Course dari the US Army Maneuver Center

- Excellence dan The Order of Saint Maurice dari the US National Infantry Association

TRIBUNNEWSWIKI.COM/Yonas

Jangan lupa subscribe official Youtube channel TribunnewsWiki di TribunnewsWiki Official



Info Pribadi
Nama Lengkap Mayor Inf. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc.,MPA,
Panggilan Akrab AHY
Tempat, Tanggal Lahir Bandung, 10 Agustus 1978
Agama Islam
Alamat Rumah Taman Cibeber, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Alamat Kantor The Yudhoyono Institute, Jalan Wijaya 1 Nomor 11A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Universitas Pertahanan Indonesia,Kawasan IPSC, Sentul, Sukahati, Kec. Citeureup, Bogor, Jawa Barat 16810
Riwayat Pendidikan SD Kuntum Wijaya Kusuma, Jakarta Timur (lulus 1990)
SMP Negeri 20 Kramatjati, Jakarta Timur (lulus 1994)
1994-1997: SMA Taruna Nusantara, Magelang
Akademi Militer Magelang (lulus 2000)
Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri dan Kursus Combat Intel
Master of Science in Strategic Studies Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura (lulus 2006)
Master Public Administration Harvard University, Amerika Serikat (lulus 2010)
Sekolah Lanjutan Perwira di Fort Benning, Amerika Serikat
Sekolah Komando Command and General Staff College (CGSC) di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat (lulus 2015)
Master Leadership and Management George Herbert Walker School, Webster University (lulus 2015)
Ayah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Ibu Kristiani Herawati (Ani Yudhoyono)
Saudara Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas)
Istri Anissa Larasati Pohan
Anak Almira Tunggadewi Yudhoyono
Website http://theyudhoyonoinstitute.org
http://agusyudhoyono.com
http://majalahstrategi.com
Facebook @AHYudhoyono
Twitter @AgusYudhoyono
Instagram @agusyudhoyono
Youtube Agus Yudhoyono


Sumber :


1. nasional.kompas.com
2. pilkada2017.kpu.go.id
3. www.tribunnews.com
4. theyudhoyonoinstitute.org
5. nasional.kompas.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved