Pemilihan Umum (Pemilu) Indonesia 2019 (Bagian 2)

Masa kampenye pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 dimulai sejak 23 September 2018 sampai 13 April 2019. Kampanye Pemilu 2019 dibuka langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman dalam acara Deklarasi Kampanye Damai di Lapangan Monumen N


zoom-inlihat foto
deklarasi-damai.jpg
KOMPAS.COM/ABBA GABRILIN
Deklarasi kampanye damai di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (23/9/2019)

Masa kampenye pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 dimulai sejak 23 September 2018 sampai 13 April 2019. Kampanye Pemilu 2019 dibuka langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman dalam acara Deklarasi Kampanye Damai di Lapangan Monumen N




  • Masa Kampanye #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Masa kampenye pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 dimulai sejak 23 September 2018 sampai 13 April 2019.

Kampanye Pemilu 2019 dibuka langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman dalam acara Deklarasi Kampanye Damai di Lapangan Monas. (1)

  • Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja Joko Widodo – Ma’ruf Amin #


Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN): Erick Thohir

Dewan Penasihat TKN: Megawati Soekarnoputri, Airlangga Hartanto, Muhaimin Iskandar, Surya Paloh, M. Romahurmuziy, Osman Sapta, Hary Tanoe Soedibyo, Diaz Hendropriyono, dan Grace Natalie.

Dewan Pengarah TKN: M. Jusuf Kalla, Try Sutrisno, Puan Maharani, Pramono Anung Wibowo, Sri Mulyani, Agung Laksono, Akbar Tanjung, Dimyati Rais, Siswono Yudho Husodo, Suharso Monoarfa, Sidarto Danusubroto, dan Laksamana TNI (Purn) Marsetyo.

Wakil Ketua TKN: Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Lodewijk Paulus, Abdul Kadir Karding, Jhonny G Plate, Arsul Sani, Herry Lontung Siregar, Hajrianto Y Thohari, dan Eriko Sutarduga.

Sekretaris TKN: Hasto Kristyanto.

Wakil Sekretaris TKN: Verry Surya Hendrawan, Ahmad Rofiq, Raja Juli Antoni, dan Dewi Soeharto.

Bendahara TKN: Sakti Wahyu Trenggono

Wakil Bendahara TKN: Juliari Batubara, Amir Uskara, Jazilul Fawaid, Syamsudin Andri Arsyad, Rerie Lestari Moerdijat, dan Dudy Purwagandhi.

Juru Bicara TKN: Ahmad Basarah, Ace Hasan Syadzily, Abdul Kadir Karding, Irma Suryani Chaniago, Arief Budimanta, Arya Sinulingga, Lena Maryana Mukti, Deddy Mizwar, Ida Fauziah, dan Meutya Hafid.

Direktur Program dan Kampanye TKN: Aria Bima

Direktur Konten TKN: Fiki Satari

Direktur Komunikasi Politik TKN: Usman Kansong

Direktur Informasi dan Publikasi TKN: Kiki Taher

Direktur Penggalangan Pemilih Muda TKN: Bahlil Lahadalia

Direktur Penggalangan Jaringan TKN: Noor Achmad

Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan TKN: Ida Fauziah

Direktur Logistik dan APK TKN: Mayjend (Purn) Muktianto

Direktur Hukum dan Advokasi TKN: Ade Irfan Pulungan

Direktur Saksi TKN: Arif Wibowo

Direktur Relawan TKN: Maman Imanul Haq (2)

  • Tim Pemenangan Nasional Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno #


Ketua Badan Pemenangan Nasional: Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso

Dewan Penasihat BPN: Prabowo Subianto (Ketua), Sandiaga Salahuddin Uno, Amien Rais, Salim Asegaf Al-Jufri, Agus Harimurti Yudhoyono, Hutomo Mandala Putra.

Dewan Pengarah BPN: Mohamad Sohibul Imam (Ketua), Siti Hediati hariyadi Soeharto, Mulfachri Harahap, Laksdya TNI (Purn) Moekhlas Sidik, Fadli Zon, Amir Syamsuddin, Ahmad Heryawan, dan Yusuf Muhammad Martak.

Dewan Penasihat: Zulkifli Hasan (Ketua), Abdul Rasyid Abdullah Syafi’I, Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijanto, Hidayat Nur Wahid, Rhoma Irama, Syarief Hasan, Suyanto, Wisnu Wardhana, Letjen TNI (Purn) Yunus Yosfiah.

Wakil Ketua BPN: Rachmawati Soekarnoputri, Ahmad Muzani, Hinca IP Pandjaitan XIII, Eddy Soeparno, Mustafa Kamal, Priyo Budi Santoso, Mayjen TNI (Purn) Judi Magio Jusuf, Mardani Ali Sera, Yandri Susanto, Netty Prasetyani Heryawan, Eno Sigit Harjojudanto, Slamet Maarif, Neno Warisman, serta Nanik S. Dayang.

Koordinator Juru Kampanye Nasional BPN: Susilo Bambang Yudhoyono

Sekretaris BPN: Ahmad Hanafi Rais

Bendahara BPN: Thomas A Muliatna Djiwandono

Koordinator Juru Bicara BPN: Danhil Anzar Simanjuntak

Direktur Eksekutif BPN: Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun

Direktur Materi dan Debat BPN: Sudirman Said

Direktur Advokasi dan Hukum BPN: Sufmi Dasco Ahmad

Direktur Kampanye BPN: Sugiono

Direktur Monitoring, Analisa, dan Evaluasi BPN: Mayjen TNI (Purn) Arifin Seman

Direktur Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan BPN: Netty Prasetyani Heryawan

Direktur Pengamanan dan Pengawasan BPN: Letjen TNI (Purna) yayat Sudrajat

Direktur Satuan Tugas BPN: Toto Utomo Budi Santoso

Direktur Hubungan Luar Negeri BPN: Irawan Ronodipuro

Direktur Teritorial dan Operasi BPN: Meireza E. Wijaya

Direktur Logistik BPN: Aryo Puspito Setyaki D.

Direktur Legislatif BPN: Edhy Prabowo

Direktur Hubungan Antar Lembaga BPN: Ibnu Bilaluddin

Direktur Komunikasi dan Media BPN: Hashim S. Djojohadikusumo

Direktur Saksi BPN: Prasetyo Hadi

Direktur Teknologi Informasi BPN: Angga Raka Prabowo

Direktur Konsolidasi Nasional BPN: Fuad Bawazier

Direktur Penggalangan BPN: Mayjen TNI (Purn) Glenny Kairupan

Direktur Relawan BPN: Ferry Mursyidan Baldan (3)

  • Dana Kampanye #


Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019 telah menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) kepada KPU pada Kamis (2/5/2019) yang merupakan batas penyerahan LPPDK.

Begitu juga dengan 16 partai politik peserta Pemilu 2019. Semuanya juga telah menyerahkan LPPDK kepada KPU. (4)

  • Dana Kampanye TKN Joko Widodo – Ma’ruf Amin #


Dikutip dari nasional.kompas.com, total penerimaan dana kampanye TKN sebesar Rp 606.784.634.772, sedangkan pengeluarannya sebesar Rp 601.355.468.300.

Dalam LPPDK TKN, mereka memiliki saldo sebesar Rp 1.646.467.006 dalam bentuk uang tunai dan Rp 3.782.699.170 dalam bentuk barang.

TKN memperoleh sumbangan dana kampanye terbesar dari badan usaha non pemerintah, yaitu sebesar Rp 253,9 miliar yang bersumber dari 40 perusahaan.

Ada juga sumbangan dari 17 kelompok yang jumlahnya mencapai Rp 251 miliar dan penerimaan dari partai politik pengusung dan pendukung sebesar Rp 79,735 miliar.

Ada juga sumbangan perseorangan dari 252 orang dengan total sumbangan mencapai 21,868 miliar. Menurut Bendahara Umum TKN, Saktu Wahyu Trenggono, tidak ada sumbangan dari pasangan calon, baik dari Joko Widodo maupun dari Ma’ruf Amin.

Adapun pengeluaran terbesar menurut Trenggono mayoritas dikeluarkan untuk operasional pengeluaran rutin seperti operasional pertemuan, produksi Alat Peraga Kampanye (APK), kampanye terbuka, serta pemasangan iklan. (5)

  • Dana Kampanye BPN Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno #


Dikutip dari tribunnews.com, dana kampanye yang diterima oleh BPN Prabowo SubiantoSandiaga Uno jauh di bawah dana kampanye TKN Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

Bendahara Umum tim BPN Prabowo – Sandi, Thomas A Muliatna Djiwandono mengungkapkan penerimaan dana kampanye BPN adalah sebesar Rp 213,28 miliar.

Sementara itu, pengeluaran kampanye BPN sebesar Rp 211,46 miliar.

Adapun sumber penerimaan dana kampanye terbesar adalah dari sumbangan pasangan calon, yakni sebesar Rp 192,5 miliar. Untuk komposisinya, Sandiaga Uno menyumbang sebesar 55% sedangkan Prabowo sebesar 45%.

Adapun sisanya didapat dari sumbangan masyarakat perorangan sebesar Rp 9,3 miliar, sumbangan kelompok Rp 1,1 miliar, sedangkan sumbangan partai politik sebesar Rp 4,8 miliar.

Sementara untuk pengeluaran kampanye BPN, pengeluaran terbesar diperuntukkan untuk produksi dan penyebaran Alat Peraga Kampanye (APK) mencapai Rp 60,8 miliar. Disusul dengan rapat umum Rp 33,7 miliar, dan pertemuan tatap muka sebesar Rp 21 miliar.

Sisanya menurut Thomas A Muliatna Djiwandono digunakan untuk desain alat peraga kampanye, iklan media massa, serta kegiatan lain yang tidak melanggar undang-undang, (6)

  • Debat Capres dan Cawapres #


Debat Pertama: Hukum, HAM, dan Terorisme, 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Peserta Paslon Capres dan Cawapres. Moderator Ira Koesno dan Imam Priyono.

Debat Kedua: Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, serta Infrastruktur, 17 Februari 2019 di Hotel Sultan Jakarta. Peserta calon presiden Moderator: Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Debat Ketiga: Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan. Dilaksanakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan Jakarta. Peserta: Masing-masing cawapres. Moderator: Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas.

Debat Keempat: Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, Hubungan Internasional. Dilaksanakan di Hotel Shangri La pada 30 Maret 2019. Peserta: Masing-masing capres. Moderator: Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi.

Debat Kelima: Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi, Perdagangan dan Industri. Dilaksanakan di Hotel Sultan Jakarta pada 13 April 2019. Peserta: Pasangan capres dan cawapres. Moderator: Balques Manisang dan Tomy Ristanto.

  • Pemungutan dan Penghitungan Suara #


Setelah melewati masa kampanye yang berakhir pada 13 April 2019 dan hari tenang pada 14 sampai 16 April 2019, proses pemungutan suara pun dilksanakan.

Pemungutan suara dilaksanakan di 813.359 Tempat Pemungutan Suara (TPS).(7)

Adapun total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 192.866.254 pemilih. 190.779.969 merupakan pemilih yang ada di dalam negeri sedangkan 2.086.285 pemilih berasal dari pemilih di luar negeri. (8)

  • Petugas KPPS dan Pengawas Meninggal Pasca Pemungutan Suara #


Pasca pemungutan dan penghitungan suara, total ada 440 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia dan 3.788 orang sakit.

KPU memberikan santunan kepada anggota KPPS yang meninggal dunia sebesar Rp 36 juta tiap orang.

Kepada petugas yang mengalami cacat permanen sebesar Rp 30,8 juta tiap orang, luka berat Rp 16,5 juta, dan untuk petugas yang mengalami luka sedang diberikan santunan sebesar Rp 8,25 juta tiap orang. (9)

Ada sebanyak 92 orang anggota Panwaslu meninggal dunia, 74 laki-laki dan 18 perempuan. Ada juga 20 orang pengawas yang mengalami kekerasan atau penganiayaan, dan 435 orang sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit.

Kemudian sebanyak 273 pengawas mengalami kecelakaan, 24 orang mengalami luka berat, ringan, dan keguguran, serta 1.704 orang menjalani rawat jalan. (10)

  • Pengumuman Hasil Pemilu #


Pengumuman hasil pemilu akan diumumkan secara resmi oleh KPU pada 22 Mei 2019.

  • Hasil Quick Count #


-          Poltracking: Jokowi-Ma’ruf 54,98% : Prabowo-Sandi 45,02% (100%)

-          LSI Denny JA: Jokowi-Ma’ruf 55,75% : Prabowo-Sandi 44,29% (100%)

-          Voxpol Center: Jokowi-Ma’ruf 54,55% : Prabowo-Sandi 45,45% (100%)

-          SMRC: Jokowi-Ma’ruf 54,85% : Prabowo-Sandi 45,15% (97,72%)

-          Indikator Politik Indonesia: Jokowi-Ma’ruf 53,91% : Prabowo-Sandi 46,09% (95,70%)

-          Populi Center: Jokowi-Ma’ruf 54,00% : Prabowo-Sandi 46,00% (98,15%)

-          Litbang Kompas: Jokowi-Ma’ruf 54,43% : Prabowo-Sandi 45,57% (99,95%)

-          Indo Barometer: Jokowi-Ma’ruf 54,35% : Prabowo-Sandi 45,65% (99,83%)

-          Kedai Kopi: Jokowi-Ma’ruf 54,20% : Prabowo-Sandi 45,80% (90,25%)

-          Median: Jokowi-Ma’ruf 54,52% : Prabowo-Sandi 45,68% (98,02%)

-          CSIS-Cyrus: Jokowi-Ma’ruf 55,60% : Prabowo-Sandi 44,40% (99,99%)

-          Charta Politika: Jokowi-Ma’ruf 54,34% : Prabowo-Sandi 45,65% (99,83%)

-          Konsepindo: Jokowi-Ma’ruf 54,03% : Prabowo-Sandi 45,97% (99,80%)

*Data per 17 Mei 2019

  • Hasil Real Count #


Hasil real count uang dilakukan oleh KPU dapat dilihat secara langsung melalui laman pemilu2019.kpu.go.id.

Hingga 17 Mei 2019, progress rekapitulasi suara untuk pilpres sudah mencapai angka 87,15% suara atau sebanyak 708.880 dari 813.350 TPS.

Dari suara yang sudah masuk, pasangan nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin memperoleh suara sebanyak 74.647.498 suara atau 55,90%. Sedangkan pasangan nomor urut 02 memperoleh suara sebanyak 58.900.581 suara atau 44,10%.

Sementara itu, untuk hitung suara legislatif per 17 Mei 2019 baru mencapai progress sebesar 49,147% atau sebanyak 399.741 dari 813.350 TPS.

Adapun perolehan sementara masing-masing partai yaitu PKB 9,61%, Gerindra 11,64%, PDIP 20,25%, Golkar 13%, NasDem 9,46%, Garuda 0,54%, Berkarya 2,16%, PKS 7,3%.

Lebih lanjut Perindo memperoleh 2,69%, PPP 4,23%, PSI 1,71%, PAN 6,9%, Hanura 1,68%, Demokrat 7,77%, PBB 0,78%, serta PKPI 0,28%.

*Data pemilu2019.kpu.go.id per 27 Mei 2019

(TribunnewsWiki/Widi)



   


ARTIKEL REKOMENDASI



KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved